Text
Pengaruh Implementasi Pendidikan Agama Islam Terhadap Kesadaran Beragama Siswa Sekolah Menengah Kejurua Nereri I Sumenep Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep. Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Akhmad Baidawi, 2003, Pengaruh Implementasi Pendidikan Agama Islam Terhadap
Kesadaran Beragama Siswa Sekolah Menengah Kejurua Nereri I Sumenep Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep. Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing I : Prof. Drs. H Sunardji DT, Pembimbing II : Drs H. Muntaha Umar, M.Ag.
Kata kunci :Implementasi Pendidikan Agama Islam dan Kesadaran Beragama siswa
Permasalahan yang menjadi fokus kajian dan penelitian ini dua macam, pertama tentang ada tidakny pengaruh Implementasi Pendidikan Agama Islam dan Kesadaran Beragama siswa Sekolah Menengah Kejuran Negeri I Sumenep Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep dan kedua adalah tentang besarnya pengaruh Implementasi Pendidikan Agama Islam dan Kesadaran Beragama siswa Sekolah Menengah Kejuran Negeri I Sumenep Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep.
Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuran Negeri I Sumenep Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep sebanyak 678 orang, sedangkan sampel penelitian adalah sebanyak 68 orang instrument yang di gunakan dalm pengumpulan data dalah angkrt. Pengumpulan data berlangsung selama 34 hari mulai dari tanggal 23 Desember 2002 sampai dengan tanggal 30 Januari 2003. Teknis analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengarun Sekolah Menengah Kejuran Negeri I Sumenep Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep, dengan interpretasi tinggi Hal ini terbukti dari hasil analisis statistic yang menunjukkan bahwa nilai r kerja 0,809 lebih besar dari nilai r Tabel product moment di mana pada N = 70 (karena lebih dekat pada N = 70) dalam interfal kepercayaan 95% diperoleh nilai 0,235 dan dalam interfal kepercayaa 99% diperoleh nilai 0,306 dan dalam tabel interpretasi nilai r, nilai r kerja 0,809 berada pada rentangan angka antara 0,800 sampai denga 1,000.
Berdarakan hasil pemelitian di atas hendaknya Implementasi pendidikan Agama Islam terus diaplikasikan secara baik kepada anak didik, sehingga tertanam aktivitas belajar yang tinggi pada anak didik.
Tidak tersedia versi lain