Text
Efektivitas Perencanaan Metode Pengajaran Terhadap Proses Belajar Mengajar di MI. Hidayatul Aliyah Brambang Kalimo’ok Kecamatan kalianget Kabupaten Sumenep, Skripsi, Jurusan Tarwiyyah, Program Studi PAI STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Ahyari, 2003 , Efektivitas Perencanaan Metode Pengajaran Terhadap Proses Belajar Mengajar di MI. Hidayatul Aliyah Brambang Kalimo’ok Kecamatan kalianget Kabupaten Sumenep, Skripsi, Jurusan Tarwiyyah, Program Studi PAI STAIN Pamekasan, Pembimbing I : Drs. Nor Hasan M, Ag, Pembimbing II : Drs. H. A. Aziz Djaya.
Kata kunci : Perencanaan Metode Pengajaran, Proses Belajar Mengajar.
Ada dua permasalahan yang menjadi pkok penelitian ini, pertama tentang ada tidaknya Efektifitas Perencanaan Metode Pengajaran Terhadap Proses Belajar Mengajar di MI Hidayatul Aliyah brambang, Kalimo’ok, Kec. Kalianget, Kab. Sumenep, kedua sebeapa besar Efektifitas Perencanaan Metode Pengajaran terhadap proses belajar mengajar di MI Hidayatul Aliyah Brambang Kalimo’ok, Kec. Kalianget, Kab. Sumenep.
Sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV, V, dan VI ini MI Hidayatul Aliyah Brambang, Klimo’ok Kec. Kalianget Kab. Sumenep Tahun Pelajaran 2002/2003, sebanyak 55 orang, karena jumlah populasinya terjangkau untuk diteliti dengan demikian penelitian ini disebut penelitian populasi.
Instrumen penelitian lebih mengutamakan instrument angket, sedangkan Observasi, interview dan dokumentasi hanya sebagai instrumen penunjang atau pelengkap, selanjutnya analisis data dalam penelitian ini mengutamakan analisis statistik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan metode pengajaran terhadap proses belajar mengajar anak di MI Hidayatul Aliyah Brambangan Kalimo’ok Kec. Kalianget Kab. Sumenep, dan pengaruhnya rendah dengan kata lain, proses belajar mengajar anak semakin meningkat dengan adanya perencanaan metode pengajaran. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan r kerja (0,415) lebih besar dari pada r tabel product moment baik pada interval ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi berada pada antara interval 0,200 dan 0,400 dengan nilai interpretasi “agak rendah”
Berdasarkan penelitian diatas, maka penggunaan perencanaan metode pengajaran pada proses belajar mengajar da MI Hidayatul Aliyah Brambang, Kalimo’ok Kec. Kalianget Kab. Sumenep perlu semakin ditingkatkan agar proses belajar mengajar anak semakin meningkat. Meningkatnya proses belajar mengajar memang tidak terlepas dari factor internal yang berasal dari siswa itu sendiri namun karena proses belajar mengajar itu banyak factor yang mempengaruhinya, sangat tepat apabila dalam proses belajar mengajar digunakan perencanaan metode pengajaran oleh guru, semakin baik pula proses belajar mengajar anak sehingga prestasi belajar akan lebih optimal.
Tidak tersedia versi lain