Text
Dampak Kunjungan Kelas Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam meningkatkan kreatifitas penguasaan kelas guru agama islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Rini Tri Yuliastutik, 2003, Dampak Kunjungan Kelas Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam meningkatkan kreatifitas penguasaan kelas guru agama islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing I = Drs.H. Djamaluddin, Pembimbing II = Drs. Zainul Hasan, M.Ag.
Kata Kunci : Dampak kunjungan Kelas Pengawas Pendidikan Agama Islam, dan Penguasaan Kelas Guru Agama.
Permasalahan yang terjadi kajian pokok dalam penelitian ini, adalah tentang ada tidaknya Dampak Kunjungan Kelas Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam meningkatkan kreatifitas penguasaan kelas guru agama islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep.
Populasi penelitian adalah guru agama islam Mts. Miftahul Ulum akaecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2002 – 2003 sebanyak 27 orang. Karena populasinya terjangkau untuk diteliti maka semuanya menjadi subyek penelitian. Dengan demikian penelitian ini disebut penelitian populasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket tertutup, metode dokumentasi, observasi dan interview. Pengumpulan data berlangsung selama satu bulan, mulai tanggal 20 Januari sampai dengantanggal 22 Februari 2003. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Dampak Kunjungan Kelas Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam meningkatkan kreatifitas penguasaan kelas guru agama islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa nilai r kerja (0,885) lebih besar dari nilai r tabel product moment baik dalam interval kepercayaan 95% (0,220) maupun dalam interval 99% (0,286). Dan dilihat pada tabel interpretasi nilai r koefisien korelasi product moment, berarti r kerja 0,885 menunjukkan ada dampak positif yang tinggi, karena ada diantara 0,800 sampai dengan 1,000.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka pelaksanaan kunjungan kelas pengawas pendidikan agama islam dalam meningkatkan kreatifitas penguasaan kelas guru agama islam perlu semakin ditingkatkan, agar penguasaan kelas guru agama semakin meningkat pula. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan profesionalisme guru sehingga menjadi tenaga edukatif yang kreatif.
Tidak tersedia versi lain