Text
Peranan Pengelolaan Kelas terhadap Kebarhasilan Pendidikan Agama Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Mujtama’ Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Sripsi, Fakultas Tarbiyah, jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAk
Mustafa Kamal Abdus Suhud , 2003, Peranan Pengelolaan Kelas terhadap Kebarhasilan Pendidikan Agama Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Mujtama’ Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Sripsi, Fakultas Tarbiyah, jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing I: Prof. Drs. H. Sunarji DT, Pembimbing II: Dra Waqiatul Masriroh, M. Si.
Kata kunci: Pengelolaan kelas dan keberhasilan pendidikan agama islam
Permasalahan yang menjadi focus kajian dalam penelitian ini ada dua macam, pertama tentang ad tidaknya peranan pengelolaan kelas terhadap keberhasilan belajar pendidikan agama islam Madrasah Tsanawiyah Al-Mujtama’ Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan,dan kedua adalah tentang besarnya peranan pengelolaan kelas terhadap keberhasilan belajar pendidikan agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Mujtama’ Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan.
Populasi penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Mujtama’ Desa Plakpkak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan sebanyak 182 orang, sedangkan sampel penelitian adalah sebanyak55 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Pengumpulan data berlangsung selama 1 bulan, Mulai dari tanggal 27 Januari sampai dengan tanggal 27 Pebruari 2003. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment.
Hasi penelitian menunjukkan bahwa ada peranan pengelolaan kelas terhadap keberhasilan belajar pendidikan agama islam Madrasah Tsanawiyah Al- Mujtama’ Desa Plakpak Kecamatan Pagentenan Kabupaten Pamekasan, dengan interpretasi cukup. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistic yang menunjukkan bahwa nilai r kerja 0,743 lebih besar dari nilai r tabel product moment,di mana pada N = 55 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai 0,266 dan dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai 0,345, dan dalam tabel interpretasi nilai r, nilai r kerja 0,743 berada pada rentangan angka antara 0,600 sampai dengan 0,800.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, hendaknya pengelolaan kelas semakin ditingkatkan agar proses belajar mengajar pendidikan agama islam dapat berlangsung dalam suasana kondusif,efektif dan efesien sehingga memungkinkan tercapainya prestasi optimal bagi siswa dalam belajar pendidikan agama Islam
Tidak tersedia versi lain