Text
Peranan Pendidikan Nonformal dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Bangselok III Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Modahwi, 2003, Peranan Pendidikan Nonformal dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Bangselok III Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing I : Drs. H. A. Latif Mahmud, Pembimbing II : Drs. Moh. Chotib.
Kata Kunci : Pendidikan nonformal dan prestasi belajar siswa
Permasalahan yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini ada dua macam, pertama tentang ada tidaknya peranan pendidikan nonformal dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Bangselok III Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep, dan kedua adalah tentang besarnya peranan pendidikan nonformal dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Bangselok III Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep.
Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Bangselok III sebanyak 263 orang, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas IV, V, VI sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama 1 bulan, mulai dari tanggal 23 Desember 2002 sampai dengan tanggal 1 Pebruari 2003. Teknis analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peranan pendidikan nonformal dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Bangselok III Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep, dengan interpretasi cukup. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa nilai r kerja 0,707 lebih besar dari nilai r tabel product moment, dimana pada N = 6 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai 0,254 dan dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai 0,330. Dan dalam tabel interpretasi nilai r, nilai r kerja 0,756 berada pada rentangan angka antara 0,600 sampai dengan 0,800.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, hendaknya pendidikan nonformal yang ada di SDN Bangselok III semakin digalakkan pada siswa agar prestasi belajar lebih meningkat.
Tidak tersedia versi lain