Text
Pengaruh Keluarga Sakinah Terhadap Perkembangan Pendidikan Agama Islam Siswa di MTs Hidayatul Aliyah Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Jufri, 2003, Pengaruh Keluarga Sakinah Terhadap Perkembangan Pendidikan Agama Islam Siswa di MTs Hidayatul Aliyah Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing I : Prof. Drs. Sunardji D.T., Pembimbing II : Drs. H. Muntaha Umar, M. Ag.
Kata Kunci : Keluarga Sakinah, Perkembangan Pendidikan Agama Islam.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama tentang ada tidaknya pengaruh keluarga sakinah terhadap perkembangan pendidikan Agama Islam siswa di MTs Hidayatul Aliyah Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget kabupaten Sumenep, kedua seberapa besar pengaruh keluarga sakinah terhadap perkembangan pendidikan Agama Islam siswa di MTs Hidayatul Aliyah Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep.
Populasi penelitian ini adalah Siswa di MTs Hidayatul Aliyah Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumanap Tahun Pelajaran 2002/2003 sebanyak 40. Jumlah sampel sebanyak 40 dari populasi yang ada. Ditentukan dengan menggunakan Tehnik Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan observasi. Pengumpulan data berlangsung selam 12 hari, dimulai tanggal 17 sampai dengan 28 Pebruari 2003. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik dengan Tehnik Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh keluarga sakinah terhadap perkembangan pendidikan Agama Islam siswa di MTs Hidayatul Aliyah Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, dan pengaruhnya cukup signifikan. Dengan kata lain, perkembangan pendidikan Agama Islam siswa di MTs Hidayatul Aliyah Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep dipengaruhi oleh keluarga sakinah yang terdapat kolerasi positif cukup signifikan. Hal ini terbukti dari Analisis Statistik yang menunjukkan bahwa r kerja (0,554) lebih besar dari r-kerja, baik pada taraf signifikan 5% = 0,304 dan 95% = 0,312 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,393 dan 99% = 0,403. Dan r-kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi kolerasi berada pada interval 0,40 sampai dengan 0,70 dengan nilai interpretasi cukup atau sedang.
Berdasarkan hasil penelitian diatas,maka keluarga sakinah di MTs Hidayatul Aliyah Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, harus mendapatkan perhatian yang lebih tinggi dari semua pihak, supaya motivasi belajar siswa semakin ditingkatkan. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan Sumber Daya Manusia (baik kualitas dan kuantitas) terutama tenaga pengajar yang professional (guru) harus menjalin kerja sama yang baik dengan semua pihak baik dalam menyalrnggarakan pendidikan yang lebih ditingkatkan, kerja sama seperti Kepala Sekolah, Guru, Wali Murid dan semua lingkungan sekitar (masyarakat). Supaya dalam suasana proses belajar mengajar berlangsung dengan baik harus ada sarana dan prasarana yang memadai seperti gedung sekolah, alatpelajaran,buku perpustakaan, serta tempat ibadah (Mushallah), agar murid dapat berfikir lebih luas da dapat meningkatkan pendidikannya yang baik terutama dalam bidang pendidikan agama dan pendidikan umum, baik dilaksanakan secara informal maupun non formal (pondok pesantren).
Tidak tersedia versi lain