Text
KORELASI ANTARA PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN KARANGGAYAM IV DI KECAMATAN OMBEN KABUPATEN SAMPANG
Nama : Maisyaroh. Judul : Kolerasi Antara Penerapan Metode Pembelajaran Partisipatif Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SDN Karanggayam IV Kecamatan Omben Kabupaten Sampang Skripsi. Jurusan Tarbiyah / PAI Pembimbing : Drs. H. MOH. ZAINI Tahun: 2012.
Kata Kunci : Pembelajaran Partisipatif, Minat Belajar Siswa.
Ada dua permasalahan yang menjadi tujuan pokok dalam penelitian ini, pertama, tentang ada kolerasional Penerapan Metode Pembelajaran Partisipatif Dengan Minat Belajar Siswa Pada mata Pelajaran PAI Di SDN Karanggayam IV Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. Kedua Seberapa kuat korelasional antara Penerapan Metode Pembelajaran Partisipatif dengan Minat Belajar Siswa.
Dalam hal ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN Karanggayam IV Kecamata Omben Kabupaten Sampang. Tahun Akademik 2011/2012 dari kelas I , II , III, IV, V, dan VI dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 311 siswa. Adapun jumlah sampel yang diambil 20 % dari populasi yang ada.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif dengan meneliti adanya Korelasi Penerapan Metode Pembelajaran Partisipatif Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SDN Karanggayam IV Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. Sedangkan teknik yang digunakan adalah stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi, interviu dan dokumentasi. Analisis datanya adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Partisipatif ada korelasinya dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Karanggayam IV Kecamatan Omben kabupaten Sampang, dan hubungannya sangat signifikan. Dengan kata lain, minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Karanggyam IV Kecamatan Omben kabupaten Sampang akan meningkat dengan penerapan metode pembelajaran partisipatif. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa r- kerja ( 0,732 ) lebih besar dari harga kritik product moment baik pada taraf signifikan 5 % (0,320) maupun pada taraf signifikan 1 % (0,413) . Dan r-kerja ketika dikunsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi berada pada interval 0,600 sampai dengan 0,800 dengan nilai interpretasi cukup.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka penerapan metode pembelajaran partisipatif semakin ditingkatkan agar minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI semakin meningkat. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan cara pendidik membiasakan diri menggunakan metode pembelajaran partisipatif didalam melakukan proses belajar di depan anak.
Tidak tersedia versi lain