Text
Pengaruh Krativitas Keagamaan Dalam Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Bidang Pendidikan Agama Islam Di MI Annusyur Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Akh. Mufris, 2003, Pengaruh Krativitas Keagamaan Dalam Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Bidang Pendidikan Agama Islam Di MI Annusyur Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing I: Dra. Hj. Mariatul Qibtiyah, M.Ag., Pembimbing II : Muchlish Sholichin, M.Ag.
Kata Kunci: Aktivitas keagamaan, minat belajar, pendidikan agama Islam
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama tentang ada tidaknya pengaruh aktivitas keagamaan dalam keluarga terhadap minat belajar siswa MI Annusyur dalam bidang pendidikan agama Islam, kedua, sejauh mana pengaruh aktivitas keagamaan dalam keluarga terhadap minat belajar siswa MI Annusyur dalam bidang pendidikan agama Islam.
Populasi penelitian adalah siswa MI Annusyur Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep tahun pelajaran 2002/2003 sebanyak 112 siswa. Sedangkan sampel adalah sebanyak 44 siswa yaitu siswa kelas IV s/d VI, ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Pengumpulan data berlangsung selama 25 hari dari tanggal 1 sampai 25 Januari 2003. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas keagamaan dalam keluarga berpengaruh terhadap minat belajar siswa dalam bidang pendidikan agama Islam di MI Annusyur,dan pengaruhnya cukup signifikan. Dengan kata lain, minat belajar siswa MI Annusyur dalam bidang pendidikan agama Islam akan semakin meningkat ketika didukung dengan aktivitas keagamaan yang baik dalam keluarga. Hal ini terbukti dari hasil snalisis statistic yang menunjukkan bahwa r-kerja (0,962) lebih besar dari harga kritik produk moment, baik pada taraf signifikan 5% (0,297) maupun pada taraf signifikan 1% (0,384). Dan r-kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi, berada pada interval 0,800 sampai dengan 1,000, dengan nilai interpretasi tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka aktivitas keagamaan dalam keluarga, khususnya dalam keluarga siswa MI Annusyur Aeng Panas Pragaan Sumenep perlu semakin ditingkatkan, agar minat belajar siswa terhadap pendidikan agama semakin meningkat, upaya tersebut bisa dilakukan dengan cara; mengadakan evaluasi belajar siswa dengan mengundang oranr tua/wali, menggelar acara keagamaan minimal setiap akhir tahun pelajaran (sebagai upaya peningkatan iman dan taqwa kepada Allah), menjalin kerja sama yang baik dengan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan (kepala sekolah, guru, orang tua siswa, siswa), menciptakan suasana keterbukaan dan kedisiplinan.
Tidak tersedia versi lain