Text
PENGARUH PENERAPAN NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS DARUSSYAHID SAMPANG
Qumillaila 2012.PengaruhPenerapanNilai-NilaiKeislamanTerhadapKecerdasanEmosionalSiswa Di kelas XI SekolahMenengahAtasDarussyahidSampang.Skripsi, Program Studi PAI, JurusanTarbiyah, Pembimbing: Dr. H. MohammadKosim. M.Ag.
Kata Kunci : PenerapanNilai-NilaiKeislaman, KecerdasanEmosional
Bagikehidupanumatmanusia, pendidikanmerupakankebutuhanmutlak yang harusdipenuhisepanjanghayat.Tanpapendidikan, mustahilsuatukelompokmanusiadapathidupdanberkembangsejalandenganaspirasi (cita-cita) untukmaju, sejahteradanbahagiamenurutkonseppandanganhidup.Suatutujuan yang hendakdicapaiolehpendidikanpadahakikatnyaadalahsuatuperwujudandarinila-nilai ideal yang tebentukdalampribadimanusia yang diinginkan.Nilai-nilai ideal itumempengaruhidanmewarnaipolakepribadianmanusia, sehinggamenggejaladalamprilakulahiriahnya.Dengandemikiannilai-nilaikeislamanmemangharus di terapkandalamsuatupendidikan, jikahalinidapatdipenuhimakaakanmelahirkanpesertadidik yang berakhlakulkarimahsebagaimana yang menjaditujuanpokokpendidikanitusendiri.
Berdasarkanhaltersebut, makaadaduapermasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitianinipertama;tentangadatidaknyapengaruhpenerapannilai-nilaikeislamanterhadapkecerdasanemosionalsiswa dikelas XI SMA DarussyahidSampang.Kedua;seberapabesarpengaruhpenerapannilai-nilaikeislamanterhadapkecerdasanemosionalsiswa di kelas XI SMA DarussyahidSampang.
Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenisanalisis data statistikdenganjenispenelitiankorelasi product moment..Subjekpenelitianiniadalahsiswa-siswikelas XI IPA dan XI IPS di SMA DarussyahidSampangsebanyak31 orang jumlahpopulasi
Sedangkaninstrumenpenelitian yang digunakandalampengumpulan data iniadalahmenggunakanangketsebagaiinstrumen primer.Sedangkanwawancara, observasi, dandokumentasidigunakansebagaiinstrumenpendukung, danpengumpulan data iniberlangsungselama± satuminggu, mulaitanggal21 Mei 2012.
HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPengaruhPenerapanNilai-NilaiKeislamanTerhadapKecerdasanEmosionalSiswa di kelas XI SMADarussyahidSampangberpengaruhdanpengaruhnyacukupsignifikan.Dengan kata lainKecerdasanEmosionalSiswa di kelas XI SMADarussyahidSampangsemakinbaikdenganadanyaPenerapanNilai-NilaiKeislaman. Hal initerbuktidarihasilanalisisstatistik yang menunjukkanbahwa “r” kerja (0,721) lebihbesardarihargakritik product moment, baikpada interval signifikan 95% (0,335) maupunpada interval signifikan 99% (0,456) dan “r” kerjaketikadikonsultasikandengantabelinterpretasikolerasiberadapada interval antara 0,600 – 0,800 dengannilaiinterpretasicukup.
Tidak tersedia versi lain