PENGARUH EFEKTIFITAS KOMUNIKASI GURU TERHADAP AKTIFITAS PEMBELAJARAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ULUM DESA SEJATI KECAMATAN CAMPLONG KABABUPATEN SAMPANG
Nurul hidayat, 2012, Pengaruh Efektifitas Komuikasi Guru Terhadap Aktifitas Pembelajaran Siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Sejati Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Fathol Haliq, M.Si.
Kata kunci: Efektifitas Komunikasi Guru, Aktifitas Pembelajaran Siswa
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini ada dua macam, pertama, tentang adakah Pengaruh Efektifitas Komunikasi Guru terhadap Aktifitas Pembelajaran Siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Sejati Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, yang kedua, seberapa besar pengaruh Efektifitas Komunikasi Guru Terhadap Aktifitas Pembelajaran Siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Sejati Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Sejati Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 154 siswa,sedangkan sampelnya adalah sebanyak 30 siswa yang dalam pengisian instrument penelitian akan dijawab oleh siswa, guru dan kepala sekolah. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Sementara hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ada Pengaruh Efektifitas Komunikasi Guru terhadap Aktifitas Pembelajaran Siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Sejati Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang bahkan pengaruhnya cukup signifikan. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa r kerja (0,778) lebih besar dari harga kritik product moment, baik pada taraf signifikansi 95% (0,361) mupun taraf signifikansi 99% (0,463). Dan r kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r berada pada interval 0,600- 0,800 dengan nilai interpretasi cukup.
Tidak tersedia versi lain