Text
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMPI NURUL HIKMAH LOMBANG GILI GENTING SUMENEP
Novi Yanti, 2012, Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMPI Nurul Hikmah Lombang Gili Genting Sumenep,Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Atiqullah, M.Pd.
Kata Kunci: Kompetensi, Profesional Guru, Minat Belajar Siswa.
Dalam proses pembelajaran Guru adalah orang yang memberikan pelajaran dan siswa adalah orang yang menerima pelajaran. Dalam mentransfer pengetahuan kepada siswa diperlukan pengetahuan, kecakapan dan keterampilan sebagai guru. Disinilah kompetensi mutlak harus dimiliki oleh guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik. Dengan ini guru diharapkan dapat mengelola pembelajaran dengan baik sehingga dapat menarik minat belajar siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, tentang adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa di SMPI Nurul Hikmah Lombang Gili Genting Sumenep. Kedua, sejauh mana pengaruh kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa di SMPI Nurul Hikmah Lombang Gili Genting Sumenep.Populasi penelitian adalah Siswa SMPI Nurul Hikmah Lombang Gili Genting Sumenep yaitu kelas 1 & 2, tahun ajaran 2011-2012 Sebanyak 75 siswa.
Ditentukan dengan menggunakan populasi, instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Sedangkan observasi, interview dan dokumentasi adalah sebagai data penunjang. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik dengan tehnik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengaruh kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa di SMPI Nurul Hikmah Lombang Gili Genting Sumenep Ada.Hal ini terbukti dari hasil analisis menunjukkan bahwa “r” kerja 0,68 dari harga kritik product moment, baik interval 95% didapat 0,227 dan pada taraf kepercayaan 99% didapat 0,306 dan “r” kerja ketika di konsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi, berada pada interval antara 0,60 sampai dengan 0.80 dengan nilai interpretasi cukup.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka kompetensi profesional guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan agar dalam menyampaikan materi pelajaran lebih baik dari sebelumnya, dan siswa yang ingin belajar semakin berminat sehingga proses pembelajaran akan semakin meningkat. Upaya tersebut bisa dilakukan melalui pelatihan-pelatihan keguruan, banyak membaca literatur dsb. sedangkan untuk membangkitkan minat siswa yaitu melalui pemberian motivasi, menggunakan bermacam bentuk bengajar, serta meningkatkan semangat belajar sehingga dalam interaksi belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.
Tidak tersedia versi lain