Text
PEMAHAMAN PEMBELAJARAN GURU TERHADAP RENCANA PELAKSANAAN (RPP) DI MTs DARUL MUBTADIIN TAMPOJUNG TENGAH WARU PAMEKASAN
Kurnaini.2012. Pemahaman guru terhadaprencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) Di MTs DarulMunbtadiilTampojungTenggahWaruPamekasan, Skripsi, JurusanTarbiyah ,ProgramStudiPendidikan Agama Islam NegeriPamekasan, Pembimbing. Dra.Hj.WaqiatulMasrurohM.Si.
Kata Kunci : PemahamanGuru TerhadapRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP).
Permasalahanpokok yang dikajipadapenelitianiniadalahminimnyapemahaman guru ataspentingnyaRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) Di MTs DarulMubtadiinTampojungTenggahWaruPamekasan.Khususnyapadaaspekpenerapan RPP dalamkegiatanbelajarmengajar, faktor-faktor yang mempengaruhipemahaman guru terhadaprencanapelaksanaanpembelajaran (RPP)ialahkurangnyapelatihandankesadaran guru akanpentingnyarencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) terhadapkeberhasilankegiatanbelajarmengajar di MTs DarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasan.
Penelitianinidilakukan di MTs DarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasandanmetode yang dipakaidalampenelitianiniadalahmetodekualitatifdengan lama penelitianinikuranglebihselamatigabulanterhitungmulaidariMaret-Mei 2012.Penelitianmelakukanpengumpulan data denganmenggunakan interview/wawancara, observasi, dandokumentasi.Sedangkananalisis yang digunakanadalahanalisisdeskriftifkualitatif.Informasipenelitianiniadalah guru-guru dankepalasekolah MTs DarulMubtadiinTampojungTenggahWarupamekasan.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwatingkatpemahaman guru terhadaprencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) Di MTsDarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasandapatdijelaskansebagaiberikut:
Sebagian guru Di MTsDarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasandalam proses belajarmengajarsebagian gurutidakberpedomanpada RPP sehinggaaktifitaskegiatanbelajarmengajartidakbegituefektifdanefisien, sebagianmetode yang seringdipakaioleh guru dalamkegiatanbelajarmengajaradalahmetodeceramahsehinggakegiatanbelajarmengajartidakbervareasisekali,akantetapipara gurumenyuruhsiswanyauntuktetapbelajartidakharusdidalamkelassaja.
Upaya-upaya yang dilakukan guru MTs DarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasanuntukmeningkatkanpemahamanterhadap RPP, guru-guru disanaselalumengikutipelatihan, seminar, kajian-kajiantentang proses belajarmengajar yang sudah di sediakanolehkepalasekolahdan guru-guru di MTs DarulMubtadiinbanyakberdiskusidengansesamanya, sehinggadenganupaya-upayatersebut guru-guru bisalebihmemahamitentangrencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) sesuaidengan yang di harapkan.
Adapunfaktor-faktor yang mempengaruhiterhadappeningkatanpemahaman guru terhadaprencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) di MTs DarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasan, yaitu guru beranggapanbahwapembuatanRPPtidakbegitupentingkarena di sekolahsudah di sediakandanjugadarilatarbelakangpendidikan guru yang kurangsesuaidenganmatapelajarannya, jugakurangnyaminat guru untukmengikutipelatihansepertikerjakelompok madrasah (KKM).
Tidak tersedia versi lain