Text
PENGARUH PERFORMANCE GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DA’WATUL ISLAMIYAH DESA NONG POTE KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP
Idris Syamsi, 2012, “Pengaruh Performance Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Islamiyah Desa Nong Pote Kecamatan Pragaan Sumenep” Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing: Dra. Hj. Mariatul Qibtiyah Harun, Ar. M.Ag.
Kata Kunci: Performance guru, motivasi belajar
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama; Adakah Pengaruh Performance Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Islamiyah Desa Nong Pote Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua; Seberapa besar Pengaruh Performance Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Islamiyah Desa Nong Pote Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, sumber penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket, observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment sebab penelitian ini hakekatnya ingin meneliti hubungan dua variabel penelitian yang setiap jenis variabelnya berjenis data interval.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Performance guru di MI Da’watul Islamiyah Desa Nong Pote Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data bahwa “r” kerja lebih besar dari “r” kritik product moment, baik pada taraf kepercayaan 95 % ataupun pada taraf kepercayaan 99%. Yakni “r” kerja pada jumlah responden 40 orang adalah 0,973 sedangkan “r” product moment pada N=40 dalam taraf kepercayaan 95% adalah 0,312 dan pada taraf kepercayaan 99% adalah 0,403. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengaruh Performance guru terhadap motivasi belajar siswa MI Da’watul Islamiyah Desa Nong Pote Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep yaitu dengan “r” kerja (0,973) berada di rentang 0,800-1,000 dengan interpretasi tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut hendaknya kepada semua pihak baik kepala sekolah, guru dan siswa, solusi yang bisa dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, selain Performance guru juga motivasi dan suri tauladan guru merupakan hal paling penting. Selain dari itu melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung, peningkatan sumber daya manusia juga dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Untuk dapat melakukan seperti hal tersebut di atas, maka diharapkan sekolah melakukan upaya-upaya dengan berbagai pihak, baik komite sekolah, orang tua siswa dan pendekatan pada siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pola sistem pembelajaran yang diinginkan.
Tidak tersedia versi lain