Text
DAMPAK PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan)
Andikurrahman. 2012. Dampak Pelaksanaan Full Day School terhadap Perkem-bangan Sosial Peserta Didik (Studi Kasus di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan). Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Dra. Hj. Waqiatul Masrurah, M.Si.
Keywword: Full day school, Perkembangan sosial peserta didik.
SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan merupakan salah satu sekolah yang menerapkan model full day school. Anak didik diberi waktu lebih banyak di lingkungan sekolah. Kendati demikian, sekolah full day merupakan bagian dari problematika pendidikan Indonesia. Ada beberapa masalah yang melingkupinya: Pertama, kurangnya eksplorasi anak di dunia bebas, dunia yang tidak terikat dengan desain pendidikan. Kedua, kurang memperhatikan kondisi fisik dan psikis anak. Ketiga, adanya sebagian sekolah full day yang minim fasilitas. Keempat, mahalnya biaya pendidikan. Kelima, kerja guru diforsir 8 sampai 9 jam di sekolah. Permasalahan pertama dan kedua menarik peneliti untuk menelitinya lebih lanjut, terutama yang terkait dengan perkembangan sosial peserta didik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti pelaksanaan program full day school dan dampaknya terhadap peserta didik dengan judul: “Dampak Pelaksanaan Full Day School terhadap Perkembangan Sosial Peserta Didik (Studi Kasus di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan)”.
Penelitian ini difokuskan pada permasalahan: (1) Bagaimana dampak program full day school terhadap perkembangan sosial peserta didik di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan. (2) Upaya apa saja yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problem perkembangan sosial peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut.
Metode penelitian ini sebagai berikut: Sumber data adalah kepala sekolah, guru dan wali murid SD Plus Nurul Hikmah; Prosedur pengumpulan datanya menggunakan metode observesi, dokumentasi, dan wawancara, pengumpulan data berlangsung selama kurang lebih satu bulan; Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Dampak pelaksanaan full day school terhadap perkembangan sosial peserta didik di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan adalah: kurangnya interaksi sosial pada peserta didik, kurangnya rasa percaya diri pada peserta didik, dan rendahnya kepekaan sosial pada peserta didik. (2) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah: peserta didik dibiasakan bertegur sapa setiap bertemu dengan guru, teman maupun orang tuanya, menjalin kerjasama dengan wali murid, diadakan studi banding ke sekolah lain, diadakan pertemuan secara berkala di rumah peserta didik secara bergantian, peserta didik dibiasakan shalat Dhuha, Dhuhur dan Asar secara berjamaah ketika di sekolah.
Tidak tersedia versi lain