Text
AKTUALISASI PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN
Achmad Jubriadi, 2012, Aktualisasi Pengembangan Kecerdasan Emosional di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, Skripsi. Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dra. Hj. Waqiatul Masrurah M.Si.
Kata Kunci: Aktualisasi , Pengembangan, Kecerdasan Emosional
Kecerdasan emosional bukan merupakan lawan kecerdasan intelektual, namun keduanya berinteraksi secara dinamis. Pada kenyataannya perlu diakui bahwa kecerdasan emosional memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan disekolah, tempat kerja, dan dalam berkomunikasi dilingkungan masyarakat. Kebanyakan program pendidikan sekarang hanya berpusat pada kecerdasan akal saja, padahal yang diperlukan sebenarnya adalah bagaimana mengembangkan hati, seperti ketangguhan, inisiatif, optimisme, kemampuan beradaptasi yang kini telah menjadi dasar penilaian baru. Saat ini begitu banyak orang berpendidikan dan tampak begitu meyakinkan, namun karirnya mandek. Atau lebih buruk lagi, tersingkir, akibat rendahnya kecerdasan hati mereka.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Pengembangan Kecerdasan Emosional di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan; kedua, Upaya apa saja yang dilakukan untuk mengembangkan Kecerdasan Emosional terhadap peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan; ketiga, Hambatan-hambatan apa saja yang ada dalam pengembangan Kecerdasan Emosional terhadap peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan murid. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pengembangan Kecerdasan Emosional di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan sudah terlaksana, kepala sekolah dan dewan guru telah berusaha dengan baik dengan memberikan arahan, motivasi, teladan yang baik, pengembangan kerja sama dan penumbuhan percaya diri. Kedua, Upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kecerdasan emosional di Madrsah Tsanawiyah Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan yaitu: Merekrut tenaga pengajar yang berkompeten dibidangnya; Membuat undang-undang sekolah; Menggunakan metode-metode pembelajaran yang berkualitas. Ketiga, Hambatan-hambatan yang menjadi kendala dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan banyak sekali diantaranya kondisi kelas yang heterogen, pribadi dan keinginan yang berbeda, serta ada juga siswa yang secara tiba-tiba membuat ulah di kelas.
Tidak tersedia versi lain