Text
KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS IV, V DAN VI TLANAKAN PAMEKASAN
Achmad Hariyanto, 2012, Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dengan Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Gugus IV, V dan VI Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing, Dr. Abd. Mukhid, M.Pd
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Pelaksanaan Evaluasi
Kompetensi merupakan salah satu kualifikasi guru yang terpenting. Bila kompetensi ini tidak ada pada diri seorang guru, maka ia tidak akan berkompeten dalam melakukan tugasnya dan hasilnya pun tidak akan optimal. Dengan kompetensi yang dimiliki, selain menguasai materi dan dapat mengolah program belajar mengajar, guru juga dituntut dapat melaksanakan evaluasi dan pengadministrasiannya. Kemampuan guru dalam melakukan evaluasi merupakan kompetensi guru yang sangat penting.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, adakah Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dengan Pelaksanaan Evaluasi di Sekolah Dasar Negeri Gugus IV, V dan VI Tlanakan Pamekasan; kedua, seberapa besar Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dengan Pelaksanaan Evaluasi di Sekolah Dasar Negeri Bandaran I, II, dan III Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (quantitative approach). Artinya, dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik. Kemudian penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian korelasi (correlation research), yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Instrumen data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Sampelnya adalah semua guru pendidikan agama islam di SDN Gugus IV, V dan VI Tlanakan Pamekasan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data-data hasil penelitian diketahui bahwa: pertama, ada korelasi antara kompetensi pedagogik guru terhadap Pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SDN Gugus IV, V dan VI Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Kedua, berdasarkan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa korelasi antara pengaruh kompetensi pedagogik terhadap Pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SDN Gugus IV, V dan VI Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan adalah positif, yaitu “r” kerja sebesar 0,536 yang lebih besar dari “r” tabel product momentnya pada interval 95%.
Agar kompetensi pedagogik dapat berjalan, hendaknya guru betul-betul memperhatikan cara atau metode yang tepat untuk dipakai dalam proses belajar mengajar sehingga bisa mendukung suksesnya tujuan pendidikan yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang lebih baik. Kepada kepala sekolah hendaknya melakukan program-program kegiataan, yang benar-benar mengasah kompetensi guru dengan cara memberikan pelatihan kepada guru, sehingga guru memiliki motivasi yang kuat untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Kepada pemerintah, hendaknya memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga dapat menciptakan guru yang profesional.
Tidak tersedia versi lain