Text
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Kelas 1 SMK Negeri 3 Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Salam, abdus. 2004. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Kelas 1 SMK Negeri 3 Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Pamekasan. Pembimbing (I) Drs. H. A. Azis Djaja, (II) Dra. Waqiatul Masruroh, M.Si.
Kata Kunci :pembelajaran kooperatif model jigsaw, motivasi belajar
Pemilihan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang tepat dapat berdampak positif dalam motivasi belajar Agama Islam siswa. Selama ini metode pembelajaran yang sering digunakan khususnya di SMK Negeri 3 Pamekasan adalah pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Ternyata kurang mampu meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut dicobakan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw.
Tujuan penelitian ini adalah Pertama, untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas 1 SMK Negeri 3 Pamekasan. Kedua,untuk mengetahui motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan Pembelajaran kooperatif model jigsaw siswa kelas 1 SMK Negeri 3 Pamekasan. Ketiga, untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan pembelajaran kooperatif model jigsaw siswa kelas 1 SMK Negeri 3 Pamekasan.
Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Pamekasan. Sumber data dalam penelitian manusia dan non manusia. Sumber data manusia adalah siswa kelas 1 Tbs 4. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama 1 bulan, mulai 01 Maret 2004 sampai dengan 01 April 2004. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis taksonomi.
Hasil observasi menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas 1 SMK Negeri 3 Pamekasan memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, motivasi belajar siswa kelas 1 SMK Negeri 3 Pamekasan semakin meningkat dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif model jigsaw. Hal ini terbukti dari analisis taksonomi (wawancara, observasi dan dokumentasi) menunjukkan bahwa dapat meningkat motivasi belajar siswa
Tidak tersedia versi lain