Text
Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Siswa Kelas IV, V Dan VI Di SDN Daleman 0 2 Desa Daleman Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Rosidah, 2004, Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Siswa Kelas IV, V Dan VI Di SDN Daleman 0 2 Desa Daleman Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan, Pembimbing I: Drs. H. A. Rafik, Pembimbing II: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci :profesionalisme guru,prestasi siswa.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, tentang ada tidaknya pengaruh profesionalisme guru terhadap peningkatan prestasi siswa kelas IV, V dan VI di SDN Daleman 02 Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, kedua, seberapa besar pengaruh-pengaruh profesionalisme guru terhadap peningkatan prestasi siswa kelas IV, V dan VI di SDN Daleman 02 Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan.
Populasi pada penelitian adalah siswa kelas IV, V dan VI SDN Daleman 02 Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan yang berjumlah 75 responden dengan rincian kelas IV berjumlah 30 siswa kelas V berjumlah 32 dan kelas VI berjumlah 13 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, dokumentasi dan observasi. Pengumpulan data berlangsung selama ± 2 bulan, dimulai tanggal 17 Mei 2004 dan berakhir pada tanggal 18 Juni 2004. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru berpengaruh di SDN Daleman 02 Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan khususnya kelas IV, V dan VI, dan interpretasi pengaruhnya adalah cukup. Dengan kata lain, Prestasi siswa kelas IV, V dan VI akan semakin meningkat dengan adanya guru yang profesional. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja yaitu 0,70 yang mana lebih besar dari “r” tabel (harga kritik product moment) pada interval kepercayaan 95% = 0,227 maupun pada interval kepercayaan 99% = 0,296. Selanjutnya profesionalisme guru cukup berpengaruh terhadap peningkatan prestasi siswa kelas VI dan VI di SDN Daleman 02 Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Hal ini dapat dibuktikan dengan berposisinya “r” kerja 0,70 pada interval 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interpretasi cukup.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka profesionalisme guru pada Sekolah Dasar khususnya SDN Daleman 02 Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan perlu semakin ditingkatkan, agar prestasi siswa semakin meningkat. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan cara; pengambilan tenaga pengajar yang profesional oleh pemerintah, meningkatkan kualitas guru yang sudah ada dengan cara memberikan tugas belajar oleh pemerintah, dan sebagainya
Tidak tersedia versi lain