Text
Penerapan Metode Think Pair Share dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Ula I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan
ABSTRAK
Sayuti. 2012, Penerapan Metode Think Pair Share dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Ula I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan, skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Fatekhul Mujib, M.Si.
Kata Kunci: Metode Think Pair Share, Minat Belajar
Penerapan metode Think Pair Share di MTs Al-Ula I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan merupakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi yang nyata dalam kelas dan mendorong siswa untuk lebih aktif serta membuat hubungan yang baik diantara siswa dalam memcecahkan permasalahan.
Penelitian ini ada dua fokus peneltian, pertama, bagaimana penerapan metode Think Pair Share dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Ula I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan?. Kedua, bagaimana efektifitas penerapan metode Think Pair Share dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Ula I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan?
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan metode Think Pair Share dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Ula I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Efektifitas penerapan metode Think Pair Share dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Ula I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala sekola sekolah, guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan beberapa orang siswa kelas VIII MTs Al-Ula I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi dianalisis dengan analisis data kualitatif deskriftif. Tekhnik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci dan analisi kasus negatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Think Pair Share dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian. Pertama. Proses persiapan, diantaranya adalah: RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), instrumen penilaian, (lembar penilaian) kedua. Proses pelaksanaan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah: guru menyampaikan pertanyaan terkait materi pelajaran, siswa diminta untuk memikirkan jawabannya. Kemudian guru meminta siswa untuk berpasang-pasangan dengan teman sebelahnya untuk mendiskusikan hasil temuannya dan guru meminta pasangan-pasangan siswa tersebut untuk berbagi kepada seluruh kelas, guru memimpin pleno kecil diskusi, di akhir pelajaran guru menyimpulkan hasil diskusi dan melakukan pos test dengan memberikan soal-soal kepada siswa. Sedangkan penerapan metode Think Pair Share dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pelaksanaannya dapat dikatakan efektif baik dari segi proses maupun hasil. Dari segi proses penerapan metode Think Pair Share dapat membangkitkan kegairahan dan semangat yang tinggi pada siswa kelas VIII dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Dari segi hasil, penerapan metode Think Pair Share yang dilaksanakan guru dapat memberikan pemahaman yang baik terhadap siswa dalam memahami subtansi materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, sebagai tolak ukur dari tingkat pemahaman siswa adalah nilai yang dicapai siswa kelas VIII dalam bentuk angka rata-rata adalah 80 baik secara individu maupun pada masing-masing kelompok belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain