Text
Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatun Nasyiin I Desa Grujungan Kecamatan Larangan
ABSTRAK
R.A. Syarifah Syarkiyah, 2012, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatun Nasyiin I Desa Grujungan Kecamatan Larangan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci : Implementasi KTSP, Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatun Nasyiin I
Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam.
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada lembaga pendidikan berbasis pesantren di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatun Nasyiin I Desa Grujugan Kecamatan Larangan, kedua, kendala apa saja yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan KTSP pada lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatun Nasyiin I Desa Grujugan Kecamatan Larangan, dan ketiga, bagaimana upaya kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan KTSP pada lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatun Nasyiin I Desa Grujugan Kecamatan Larangan
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada lembaga pendidikan berbasis pesantren di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatun Nasyiin I Desa Grujugan Kecamatan Larangan, 2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan KTSP pada lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatun Nasyiin I Desa Grujugan Kecamatan Larangan. 3) Untuk mengetahui upaya kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan KTSP pada lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatun Nasyiin I Desa Grujugan Kecamatan Larangan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, karena objek yang diteliti memerlukan pengamatan secara total. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatun Nasyiin I, yang mempunyai insiatif untuk mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada lembaga Pendidikan berbasis pesantren di MI Tarbiyatun Nasyiin I. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dokumentasi, dan observasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisis non statistik. Dalam penelitian ini yang dianalisis adalah data yang terhimpun dalam transkip wawancara, catatan lapangan serta dokumen. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah 1. Cheking 2. Organizing 3. Coding
Tidak tersedia versi lain