Text
Pengaruh Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Terhadap Standar Ketuntasan Belajar Minimal dalam Mata Pelajaran SKI di MTS Negeri Parteker Pamekasan
ABSTRAK
MAMIK NURUL HAMIZAH 2012, Pengaruh Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Terhadap Standar Ketuntasan Belajar Minimal dalam Mata Pelajaran SKI di MTS Negeri Parteker Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Dr. H. Mohammad Kosim ,M.Ag.
Kata Kunci : Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, dan Standar Ketuntasan Belajar Minimal dalam Mata Pelajaran
Ada dua masalah yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Adakah pengaruh manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah terhadap standar ketuntasan belajar minimal dalam mata pelajaran SKI di MTs Negeri Parteker Pamekasan?(2) Seberapa besar pengaruh manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah terhadap standar ketuntasan belajar minimal dalam mata pelajaran SKI di MTs Negeri Parteker Pamekasan?
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah terhadap standar ketuntasan belajar minimal dalam mata pelajaran SKI di MTs Negeri Parteker Pamekasan (2) Untuk mengetahui tinggi rendahnya pengaruh manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah terhadap Standar ketuntasan belajar minimal dalam mata pelajaran SKI di MTs Negeri Parteker Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, sumber data penelitian ini adalah guru, Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment sebab penelitian ini hakekatnya ingin meneliti hubungan dua variabel penelitian yang setiap variabelnya berjenis data interval. populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di MTs Negeri Parteker Kelas VII-IX , jumlah populasi 454 peneliti mengunakan sampel 20% dengan sampel 91 siswa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah terhadap Standar ketuntasan Belajar minimal dalam mata pelajaran SKI di MTs Negeri Parteker Pamekasan. Hal ini terbukti bahwa nilai “r” kerja 0,633 lebih tinggi dari pada nilai r tabel. Nilai r tabel dengan N=91 dalam interval kepercayaan 95% dan 99% di peroleh nilai sebesar 0,207 dan 0,270. (2) Besar Pengaruh manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah terhadap standar ketuntasan belajar minimal dalam mata pelajaran SKI di MTs Negeri Parteker Pamekasan, adalah cukup. Hal ini terbukti dengan hasil konsultasi r kerja 0,633 dengan tabel interpretasi nilai yang berada dalam rentang nilai 0,600 sampai 0,800 dengan nilai interpretasi cukup
Tidak tersedia versi lain