Text
Pelaksanaan Pembelajaran Partisipatif Mata Pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan
ABSTRAK
Lutfi 2012, Pelaksanaan Pembelajaran Partisipatif Mata Pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Fathol Halik. M.Si
Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Partisipatif
Ada empat fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan? (2) Upaya apa saja yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan? (3) Bagaimana respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan?.(4) Kendala apa saja yang guru temui dalam pelaksanaan pembelajaran Partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata peelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan (2) Untuk mendiskripsikan upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan (3) Untuk mendiskripsikan Bagaimana respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan (4) Untuk mendiskripsikan kendala apa saja yang guru temui dalam pelaksanaan pembelajaran Partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitaif, sumber data penelitian ini adalah kepala, guru dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan. Berjalan dengan baik tingkat efektifitasnya, dan efesiennya, sangat optimal, terbukti siswa, senang belajar, dan dapat dengan mudah materi terinternalsisasi pada siswa, ada perubahan pada kemampuan berpikir (2) Upaya apa saja yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan Guru mengetahui dan menguasai materi apa yang akan disampaikan., Guru mengetahui sisi kejiwaan dan kemampuan siswa.,Menentukan kreativitas dan model pembelajaran yang membuat siswa antusias mengikuti pelajaran.dan Penilaian dan evaluasi (nilai-nilai hasil pree tes) (3) Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan. membawa siswa pada respon yang baik, karena pada siswaa terjadi perubahan pada ranah berpikir yang lebih baik, tumbuh semangat belajar yang tinggi , termotivasi untuk lebih tahu, dan memberi keakraban belajar siswa dan dapat membawa prestasi belajar yang sangat memuaskan (4) Kendala apa saja yang guru temui dalam pelaksanaan pembelajaran Partisipatif mata pelajaran Fiqih di MTs Raudlatul Muta’allimin Bandaran Tlanakan Pamekasan Limit waktu yang tersedia dalam belajar harus mampu digunakan semaksimal, Latar belakang ekonomi siswa, dan kemampuan anak yang tidak sama
Tidak tersedia versi lain