Text
Peran Guru Profesional Pada Peningkatan Mutu Pendidikan Di MI At-Taubah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang
ABSTRAK
Jalaluddin, 2012. Peran Guru Profesional Pada Peningkatan Mutu Pendidikan Di MI At-Taubah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Drs. Abd. Mukid, M. Pd
Kata Kunci: Guru Profesional, Mutu Pendidikan.
Kurang disiplinnya guru dalam kegiatan belajar mengajar menjadi pusat perhatian peneliti karena berdasarkan observasi awal, sebagian tenaga pendidik di MI At-Taubah kurang disiplin dalam beberapa hal seperti, datang tepat waktu, tidak adanya jurnal belajar dan kurang aktifnya guru mengajar, namun dari kelemahan-kelamahan tersebut barbagai perubahan sistem pendidikan untuk meningkatkan tenaga pendidik yang profesional di lembaga tersebut lambat laun sudah dilaksanakan namun belum ada evaluasi-evaluasi yang berkesinambungan untuk mencapai tujuan lembaga yang memiliki tenaga pendidik yang profesional. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang peran guru profesional di MI At Taubah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Guru profesional di MI At-Taubah Kec. Camplong Kab. Sampang. (2) Peningkatan mutu pendidikan di MI At-Taubah Kec. Camplong Kab. Sampang. (3) Peran guru profesional pada peningkatan mutu pendidikan di MI At-Taubah Kec. Camplong Kab. Sampang.
Sumber data penelitian ini adalah dewan guru yang merupakan figur central dan pelaksana sebagai guru profesional di MI At-Taubah Kec. Camplong Kab. Sampang. Prosedur pengumpulan data adalah wawancara observesi, dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama kurang lebih satu bulan lima belas hari . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
(1). Guru profesional di MI At-Taubah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang adalah: (a). Guru kurang disiplin dalam membuat program perencanaan mengajar (b). Guru menempatkan diri sebagai pelayan, fasilitator, dan mitra siswa (c) Guru tidak mempunyai sikap yang inovatif (d) Guru tidak mengubah pola pembelajaran di kelas (e) Guru tidak berani meyakinkan pihak lain seperti kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat (f) Guru mampu menghasilkan karya ilmiah baik berupa makalah, skripsi, maupun penilaian tindakan kelas (PTK).
(2). Mutu pendidikan di MI At-Taubah Kec. Camplong Kab. Sampang antara lain; (a). Peningkatkan mutu pendidikan berfokus pada siswa, (b). Siswa mampu memenuhi standar kompetensi yang telah ditentukan, (c). Guru kurang konsisten terhadap program-program yang telah tentukan, (d). Guru ikut serta dalam pendidikan dan latihan (e). Lembaga mempunyai program jangka panjang, (f) Guru tidak melibatkan siswa dalam menentukan topik yang akan dibahas di kelas, (g). Lembaga tidak mempunyai tim kerja yang solid,
(3). Peran guru profesional pada peningkatan mutu pendidikan di MI At-Taubah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang adalah: (a). Guru berperan menciptakan sumber daya siswa yang sesuai dengan kebutuhan daerah setempat, (b). Guru maupun lembaga berperan mempunyai tanggung jawab yang besar dalam menjawab harapan dan tuntutan masyarakat, (c). Guru mempunyai tanggung jawab dalam pegembangan Kurikulum, (d). Guru tidak mempunyai tanggung jawab dalam perekrutan personel sekolah.
Tidak tersedia versi lain