Text
Hubungan Penilaian Berbasis Kelas dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SDN Patapan I Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang
ABSTRAK
Hoyrul Anam, 2012. Hubungan Penilaian Berbasis Kelas dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SDN Patapan I Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Buna’i, S. Ag, M. Pd
Kata Kunci: Penilaian Berbasis Kelas, Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa
Dalam proses belajar mengajar motivasi sangat besar peranannya terhadap prestasi belajar. Karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Diterapkannya penilaian berbasis kelas di SDN Patapan I pada bidang studi pendidikan agama Islam secara terus-menerus dan terencana pada saat siswa melaksanakan proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Dengan dilaksanakannya penilaian berbasis kelas siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar, baik ketika guru menjelaskan materi maupun dalam melaksanakan tugas yang diberikan, hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi nilai raport siswa dibandingkan dengan prestasi siswa sebelumnya, dan siswa lebih termotivasi belajar untuk lebih meningkatkan nilai yang diperolehnya pada kegiatan penilaian selanjutnya.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu: (1) Adakah hubungan penilaian berbasis kelas terhadap motivasi belajar PAI siswa di SDN Patapan I Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang (2) Seberapa besar hubungan penilaian berbasis kelas terhadap motivasi belajar PAI siswa di SDN Patapan I Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang.
Penelitian ini dirancang sebagai penelitian lapangan (field reseach) yang kuantitatif dengan menggunakan analisis data statistik. Ada 49 responden yang dijadikan sebagai subjek (sampel penelitian). Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah rumus Product Moment.
Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penilaian berbasis kelas memiliki hubungan positif terhadap motivasi belajar PAI di SDN Patapan I Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang. Hal itu diketahui berdasarkan perbandingan antara r kerja dengan r tabel harga bahwa ternyata r kerja lebih besar daripada r tabel harga kritik, baik pada interval kepercayaan 95% ataupun pada interval kepercayaan 99%, yaitu 0,653 > 0,281 atau 0,653 > 0,364. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. (2) penilaian berbasis kelas memiliki tingkat “hubungan yang cukup” terhadap motivasi belajar PAI di SDN Patapan I Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang. Hal itu diketahui setelah menginterpretasi hasil r kerja sebesar 0,653 yang ternyata bergerak di antara rentangan nilai 0,600 sampai 0,800.
Tidak tersedia versi lain