Text
Kasih Sayang Orang Tua Menunjang Keberhasilan Belajar Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sa’adah Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep). Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Abdul Hamid, 2004, Kasih Sayang Orang Tua Menunjang Keberhasilan Belajar Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sa’adah Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep). Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing I: Drs. Nor Hasan, M.Ag, Pembimbing II: Drs. Moh. Zaini.
Kata Kunci: Kasih Sayang Orang Tua, KeberhasilanBelajar Siswa
Orang tua sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak memiliki peran yang sangat urgen untuk mengantarkan anak bagi kehidupannya dimasa yang akan dating, Sebab sebelum anak mengenal lingkungan bermain atau lingkungan sekolah, yang pertama kali anak kenal adalah lingkunagn keluarganya dan apa yang diberikan oleh kedua orang tua kepada anak akan membekas dalam sanubari anak yang akan dibawanya terus sampai ia baranjak dewasa nanti.
Kasih saying dan perhatian dapat menumbuhkan motivasi yang sangat kuat dalam diri anak didik, dan bila anak sudah memasuki usia sekolah anak akan cenderung memiliki keberanian dan kreatifitas yang tinggi, apabila dalam sebuah keluarga anak telah memperoleh bimbingan kea rah tersebut.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, Pertama, Bagaimana kasih saying orang tua dapat menunjang keberhasilan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sa’adah Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, Perbadaan antara siswa yang mendapat kasih saying yang cukupdan siswa yang kurang mendapatkan kasih sayang dalam prestasi belajarnya di Madrasah Ibtidaiyah miftahus Sa’adah Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, Keadaan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sa’adah Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Dalam pemelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan tehnik analisis, yaitu Grounded Theory yang bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran empiric dengan meneliti di lapangan (wawancara) yang relevan denga permasalahan ini. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data interviu dan metode study dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasih saying orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah miftahus Sa’adah Desa Karduluk kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep dan pengaruhnya sangat signifikan. Dengan kata lain, prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sa’adah Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep semakin meningkat dengan kasih saying orang tua sebagai pendukung dalam belajar anak. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang peneliti lakukan di lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka kaskih saying orang tua perlu semakin ditingkatkan, agar prestasi belajar siswa semakin meningkat pula.Upaya tersebut bisa dilakukan adany kesadaran yang mendalam untuk meningkatkan kualitasnya agar dapat tercipta keadaan yang kondusif.
Tidak tersedia versi lain