Text
Pengaruh Penyusunan Program Pembelajaran Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah di Jalan Delima Sampang
ABSTRAK
Hotijah. Judul : Pengaruh Penyusunan Program Pembelajaran Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah di Jalan Delima Sampang Skripsi. Pembimbing : Drs.H.M. Rasdjid Ridlo Tahun: 2012.
Kata Kunci : Penyusunan Program Pembelajaran, Keberhasilan Belajar.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, tentang ada tidaknya pengaruh penyusunan program pembelajaran terhadap keberhasilan belajar siswa MI Islamiyah di Jalan Delima Sampang, kedua, seberapa besar pengaruh penyusunan program pembelajaran terhadap keberhasilan belajar siswa MI Islamiyah di Jalan Delima Sampang.
Sampel penelitian adalah seluruh siswa kls V dan kls VI tahun akademik 2011/2012 sebanyak 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah yang paling utama angket dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama 5 bulan, mulai tanggal 11 Oktober 2011 sampai dengan 10 Maret 2012. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penyusunan program pembelajaran terhadap keberhasilan belajar siswa MI Islamiyah di Jalan Delima Sampang, dan pengaruhnya cukup signifikan. Dengan kata lain, keberhasilan belajar siswa MI Islamiyah di Jalan Delima Sampang semakin meningkat dengan penyusunan program pembelajaran yang baik oleh guru mata pelajaran yang ada di MI Islamiyah di Jalan Delima Sampang. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa r-kerja = 0,609 lebih besar dari harga kritik product moment, baik pada taraf signifikan 95 % = 0,320 maupun pada taraf signifikan 99 % = 0,413. Dan r-kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi, berada pada interval 0,600 sampai dengan 0,800 dengan nilai interpretasi cukup.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penyusunan program pembelajaran di MI Islamiyah di Jalan Delima Sampang perlu ditingkatkan agar keberhasilan belajar siswa semakin meningkat. Dimana, penyusunan program pembelajaran harus di sesuaikan dengan kompetensi yang ada, karena dengan hal tersebut anak dapat menyalurkan bakat dan menemukan kompetensi yang ada pada dirinya sendiri sehingga anak dapat meraih keberhasilan (prestasi) seperti apa yang diharapkannya.
Tidak tersedia versi lain