Text
Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Model Quantum pada Siswa SMPN Satu Atap Bangkes Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2011/2012
ABSTRAK
Homizah, 2012: Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Model Quantum pada Siswa SMPN Satu Atap Bangkes Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, pembimbing, Buna’i, S.Ag., M.Pd.
Kata kunci: efektivitas, pembelajaran, quantum
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana langkah-langkah penerapan Model Quantum pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa SMPN Satu Atap Bangkes Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2011/2012 ? dan kedua, Bagaimana efektivitas pelaksanaan pembelajaran PAI dengan model quantum pada siswa SMPN Satu Atap Bangkes Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2011/2012?
Lokasi penelitian di SMPN Satu Atap Bangkes Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data proses pembelajaran yang dilaksanakan guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan responden guru PAI, siswa, dan kepala sekolah.
Berdasar hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model quantum di SMP Negeri Satu Atap Bangkes terlaksana dengan efektif. Hal itu karena (1) Proses pembelajaran menerapkan langkah-langkah pembelajaran model quantum dengan benar. (2)Proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan azas dan prinsip quantum teaching serta dilaksanakan berdasar perencanaan pembelajaran yang disusun berdasar TANDUR, dan (3) Hasil yang dicapai dalam evaluasi lebih dari 80% siswa mencapai atau melampaui KKM (Kriteria Ketuntasan Minamal).
Tidak tersedia versi lain