Text
Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Pakong 3 Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Hastutik. 2012. Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Pakong 3 Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. H.M. Muchlis Solihin, M.Ag.
Kata kunci: Penerapan, pembelajaran heuristik, dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Ada 2 (dua) fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimanakah kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Pakong 3 Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, dan (2) apa saja kendala yang menghambat kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Pakong 3 Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Pakong 3 Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, dan (2) kendala yang menghambat kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Pakong 3 Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam, dan beberapa orang siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yang mencakup penguasaan materi pelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengelolaan kelas telah dilaksanakan secara baik di Sekolah Dasar Negeri Pakong 3 Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Pada penguasaan materi pelajaran, guru sangat menguasainya sebelum tampil di depan kelas. Pada pengelolaan pembelajaran, guru telah melakukannya, mencakup perumusan tujuan pembelajaran, penggunaan pendekatan dan metode pembelajaran secara tepat, pelaksanaan pembelajaran secara efektif dan efisien, pengenalan kemampuan masing-masing siswa, dan pelaksanaan remedial kepada siswa. Pada pengelolaan kelas, guru telah melaksanakannya secara optimal, seperti penataan siswa, penataan ruangan dan alat pembelajaran, dan menciptakan disiplin kelas, dan (2) kendala yang menghambat kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Pakong 3 Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, di antaranya adalah (a) adanya perbedaan kemampuan siswa, (b) adanya perbedaan status sosial budaya siswa, (c) ada sebagian siswa yang enggan mengemukakan pendapatnya, (d) masih ada sebagian siswa yang malu bertanya meskipun kurang dan bahkan tidak mengerti terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru, dan (e) keterbatasan sarana pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain