Text
Upaya Pencapaian Standar Kompetensi Kelulusan (Skl) Melalui Bimbingan Belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan
ABSTRAK
Diani Marisa 2012, Upaya Pencapaian Standar Kompetensi Kelulusan (Skl) Melalui Bimbingan Belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing DRA. HJ. Waqiatul Masruroh
Kata kunci : Upaya Pencapaian Standar Kompetensi Kelulusan (Skl) dan Bimbingan Belajar
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana pencapaian standar kompetensi kelulusan (SKL) melalui bimbingan belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah palengaan Pamekasan? (2) Upaya apa saja yang dilakukan untuk pencapaian standar kompetensi keluluan (SKL) melalui bimbingan belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah palengaan Pamekasan? (3) Apa saja kendala/hambatan dalam mencapai standar kompetensi keluluan (SKL) melalui bimbingan belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah palengaan Pamekasan?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) Untuk mengetahui bagaimana pencapaian standar kompetensi kelulusan (SKL) melalui bimbingan belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah palengaan Pamekasan (2) Untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan untuk pencapaian kompetensi keluluan (SKL) melalui bimbingan belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan (3) Untuk mengetahui Apa saja kendala/hambatan dalam mencapai standar kompetensi keluluan (SKL) melalui bimbingan belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah palengaan Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitaif, sumber data penelitian ini adalah kepala, guru dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pencapaian Standar kompetensi kelulusan (SKL) melalui bimbingan belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah palengaan Pamekasan. dapat tercapai dengan baik pada pelaksanakannya terbukti dalam setiap tahunnya siswa selalu lulus dengan baik dan tidak ada yang tertinggal hal ini berkaitan dengan penerapan pola-pola yang lebih efektif, terjadinya kerjasama yang baik, dan pemantauan terhadap siswa lebih diintesifkan. Sehingga anak dapat mencapai standar kompetensi kelulusan dengan baik (2) Upaya yang dilakukan untuk pencapaian standar kompetensi keluluan (SKL) melalui bimbingan belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah palengaan Pamekasan melakukan bimbingan belajar, pemberian tugas, mengerjakan latihan-latihan soal, pelaksanaan tryout yang dikelurkan oleh lembaga, dan melakukan bimbingan mental untuk persipaan menghadapi ujian (3) Kendala/hambatan dalam mencapai standar kompetensi keluluan (SKL) melalui bimbingan belajar di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan, banyak dipengaruhi seperti masalah kenakalan siswa, kemampuan siswa yang di bawah rata-rata, dan sebagian dipengaruhi, siswa yang kurang bergairah belajar dan kurang serius yakni tidak punya LKS
Tidak tersedia versi lain