Text
Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep di Kelas VIII SMP Al-Hikmah Gugul Tlanakan Pamekasan
ABSTRAK
Bambang Sutrisno. 2012. Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep di Kelas VIII SMP Al-Hikmah Gugul Tlanakan Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Drs. Abd. Mukhid, M.Pd.
Keyword: Pemahaman Siswa; Strategi Peta Konsep.
Seperti di SMP Al-Hikmah Gugul Tlanakan Pamekasan. Di lembaga swasta tingkat menengah ini, para guru kerapkali menggunakan alat-alat peraga guna menjelaskan atau memperlihatkan hubungan beberapa konsep yang terdapat dalam suatu pelajaran, dan yang paling sering adalah dengan menggambarkan konsep di papan tulis melalui bagan atau skema tertentu. Dalam menjelaskan tentang konsep “iman kepada Rasul” pada mate pelajaran PAI, guru membuat skema atau bagan tertentu yang menggambarkan iman kepada Rasul beserta bagian-bagiannya, termasuk juga hubungannya dengan ibadah lainnya. Namun pertanyaannya, apakah pembelajaran peta konsep tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa? Inilah yang perlu dicermati.
Penelitian ini akan difokuskan pada masalah: (1) tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menggunakan strategi peta konsep di Kelas VIII SMP Al-Hikmah Gugul Tlanakan Pamekasan. (2) tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah menggunakan strategi peta konsep di Kelas VIII SMP Al-Hikmah Gugul Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian studi tindakan kelas. Sumber data penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Al-Hikmah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observesi dan tes; Sedangkan teknik analisis datanya adalah rumus persentase.
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban bahwa: (1) Tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menggunakan strategi peta konsep di Kelas VIII SMP Al-Hikmah Gugul Tlanakan Pamekasan adalah sebagai berikut: nilai rata-rata pemahaman siswa mencapai 65,4 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 35%. Hal ini diketahui pada saat pembelajaran Siklus 1. (2) Sedangkan tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah menggunakan strategi peta konsep di Kelas VIII SMP Al-Hikmah Gugul Tlanakan Pamekasan adalah sebagai berikut: nilai rata-rata pemahaman siswa mencapai 73.3 dengan ketuntasan belajar 87%. Hal ini diketahui pada saat pembelajaran Siklus 2. Artinya pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah menggunakan strategi peta konsep mengalami peningkatan yang signifikan.
Tidak tersedia versi lain