Text
Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division pada Pelajaran Fiqih di MA. Mansyaul Ulum Sana Daja Pasean Pamekasan,
ABSTRAK
Syamsul Arifin, 2012, Implementasi Model Pembelajaran Student Teams
Achievement Division pada Pelajaran Fiqih di MA. Mansyaul Ulum Sana Daja Pasean Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Buna’i, S.Ag,M.Pd.
Kata konci: Model Pembelajaran STAD
Model pembelajaran STAD salah satu tipe koopratif yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Pembelajaran koopratif model STAD ini menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota kelompok 4-5 orang siswa secara hedrogen. Model ini sangat cocok pada semua mata pelajaran, terutama pada pelajaran Fiqih.
Adapun pokok permasalahan yang diteliti yaitu, bagaimana perencanaan model pembelajaran STAD pada pelajaran Fiqih di MA Mansyaul Ulum Sana Daja Pasean?. Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran STAD pada pelajaran Fiqih di MA Mansyaul Ulum Sana Daja Pasean?. Bagaimana evaluasi model pembelajaran STAD pada pelajaran Fiqih di MA Mansyaul Ulum Sana Daja Pasean Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Sumberdata diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Imformennya adalah guru Fiqih, kepala sekolah dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pendalaman observasi, triangolasi dan pengecekan anggota.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan model pembelajaran STAD pada pelajaran Fiqih ini benar-benar direncanakan dan disiapkan dengan baik mulai pembuatan RPP yang setiap perencanaan dua kali pertemuan merangking siswa, penentuan skor awal siawa dan sesuai dengan model pembelajarn koopratif tipe STAD. Kedua, pelaksanaan model pembelajaran STAD pada pelajaran Fiqih melalui dua tahap, diantaranya tahap penyajian materi, tahap belajar kelompok. Ketiga, Evaluasi model pembelajaran STAD pada pelajaran Fiqih melalui tiga tahap, diantaranya: tahap tes individual, tahap penghitungan skor induvidual dan tahap pemberian penghargaan kelompok.
Tidak tersedia versi lain