Text
Kesiapan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Bettet Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Dalam Menghadapi Pamekasan Sebagai Kabupaten Pendidikan
ABSTRAK
ZAINULLAH, 2012. Kesiapan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Bettet Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Dalam Menghadapi Pamekasan Sebagai Kabupaten Pendidikan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, Sekolah Tinggi Agama Islama Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag
Kata Kunci: Pendidikan pesantren, Pamekasan sebagai Kabupaten pendidikan
Skripsi ini membicarakan masalah kesiapan pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan dalam menghadapi pamekasan sebagai kabupaten pendidikan. Ada dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, Petama, bagaimana penerapan pendidikan di pondok pesantren bettet pamekasan. Kedua, Upaya apa saja yang di lakukan oleh pondok pesantren dalam menghadapi pamekasan sebagai kabupaten pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis analisis deskriptif. Pengumpulan data didapat oleh peneliti melalui interview, observasi dan dokumentasi. Adapun informan atau subjek dari penelitian ini adalah pengasuh, para asatidz, pengurus pondok, guru dan sebagian santri yang ada di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Teknik yang digunakan untuk mengecek kredibilitas data yaitu perpanjangan kehadiran peneliti, observasi mendalam, triangulasi, uraian rinci dan analisis kasus negatif.
Dari hasil penelitian dapat di paparkan Pertama, pelaksanaan kegiatan di Pondok Pesantren Mifatahul Ulum Bettet Pamekasan adalah program pendidikan yang ada di Pondok Pesantren ini secara umum terbagi menjadi dua, yaitu pendidikan yang berbasi pondok pesantren dan pendidikan yang berbasis sekolah, selain itu pendidikan yang berbasis sekolah ini juga terbagi dua lagi yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Untuk kurikulum yang terapkan, bagi pendidikan formal mengikuti kurikulum Kemenag sedangkan untuk nonformalnya merancang dan memformat sendiri kurikulumnya.
Kedua upaya yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan dalam menghadapi Pamekasan sebagai Kabupaten Pendidikan yang diantaranya adalah: (1).Meningkatkan dan memaksimalkan program pendidikan di Pondok Pesantren, baik pendidikan formal maupun nonformal.(2). Lebih menekankan lagi terhadap program pendidikan dalam hal pembentukan akhlakul karimah atau pendidikan karakter. (3). Mengintegrasikan pendidikan Agama dan umum di Pondok Pesantren Miftahul Ulum. (4). Melakukan peremajaan pendidikan di berbagai jenis pendidikan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.
Sehingga dengan demikian di harapkan dari hasil penelitian ini bisa menjadi bahan masukan bagi seluruh civitas akademik di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet utamanya dalam menghadapi pamekasan sebagai kabupaten pendidikan. Selain itu di sarankan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan hendaknya lebih mempertimbangkan terhadap perkembangan psikolgis siswa atau santri, dan juga dari sisi biaya hendaknya juga lebih dipertimbangkan, karen untuk jenjang MTs sudah ada dana BOS, selain itu juga penghargaan terhadap keberadaan siswa atau santri lebih di perhatikan.
Tidak tersedia versi lain