Text
Pergaruh penerapan Guru kelas Terhadap kualitas pemahaman Siswa di SDN Kebunan 1 sumenep. Skrisi, Jurusan tarbiyah, program studi pendidikan Agama Islam, STAIN pamekasan
ABSTRAK
Nur Jannah, 2006,Pergaruh penerapan Guru kelas Terhadap kualitas pemahaman Siswa di SDN Kebunan 1 sumenep. Skrisi, Jurusan tarbiyah, program studi pendidikan Agama Islam, STAIN pamekasan, pembimbing Drs. H. Mohammad Kosi, MAg
KATA Kunci : Penerapan Guru kelas, kualitas pemahaman, siswa
Menurut teori yang ada, penerapan guru kelas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pemahaman siswa. Untuk mengtahui realitas yang sama, yaitu ada tidaknya serta tinggi rendahnya pengaruh yang ada di SDN kebunan 1 Sumenep, maka dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan guru kelas terhadap kualitas pemahaman siswa di SDN kebunan 1sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menekankan analisisnya pada data-data nomorkal (angka) yang dengan metode statistic. Sedangkan sifatnya adalah korelasi, yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu denagn yang lain. Karena termasuk kategori penelitian ini ada dua macam variabel, yaitu variabel “x” (penerapan guru kelas) sebagai variabel independent dan variabel “y” (kualitas pemahaman siswa ) sebagai dependen.
Dalam menentukan subyek penelitian digunakan istilah populasi dan sampei. Adapun populasai dalam penelitian ini berjumlah 198 siswa. Karena termasuk kategori subyek dalam jumlah lebih dari 100 orang maka diambil sampel 40% dari 198 yaitu 40 siswa (responden).
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket, observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data yang dipakai adalah analisis data statistic dengan teknik analisis korelasi product moment dan analisis data non statistic dengan teknik induktif dan deduktif.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pengarapan guru kelas terhadap kualitas pemahaman siswa di SDN kebunan l sumenep memperoleh nilai sedang (cukup) yaitu 0,56 yang lebih besar dari harga kritik r product moment pada taraf signifikasi 95% (0,312) pada 40 responden (N), serta berada pada rentang antara 0,40 sampai dengan 0,60 sehingga baik hipotesis pertama maupun hipotesis keddau skripsi ini diterima.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru kelas terus mengembangkan ilmu yang dimiliki agar siswa dapat menangkap pelajaran yang disampaikan guru di kelas seehingga kualitas pemahaman siswa semakin berkembang.
Tidak tersedia versi lain