Text
Pola Pengasuhan Anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan,
ABSTRAK
Suryadi, 2012, Pola Pengasuhan Anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing; Fatekhul Mujib, S.Ag., M.Si
Kata Kunci: Pola, Pengasuhan Anak, Panti Asuhan, Darul Aitam
Setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Hal ini diatur dalam Konvensi PBB tentang Hak Anak Tahun 1989 dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Kenyataannya, tidak semua anak dapat terpenuhi kebutuhan kependidikannya. Ada diantara mereka yang mengalami hambatan seperti pada keluarga yang mengalami perpecahan, keluarga miskin atau salah satu orang tuanya tidak ada. Akibatnya kebutuhan makan, pakaian, perumahan, pengobatan, perlindungan, kasih sayang dan terutama pendidikan mereka tidak terpenuhi. Hal ini menjadi alasan utama Pengurus PP Darul Ulum Banyuanyar, Potoan Daya Palengaan Pamekasan mendirikan Panti Asuhan Darul Aitam.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, tentang bagaimana pola yang diterapkan dalam pengasuhan anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Potoan Daya Palengaan Pamekasan, kedua, tentang bagaimana aktifitas pengasuhan anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Potoan Daya Palengaan Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak asuh putra di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan sebagai informan penelitian yang diseleksi dengan menggunakan teknik purpossive sampling(sampel bertujuan). Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis non statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pola pengasuhan anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Potoan Daya Palengaan Pamekasan dilakukan dengan dua bentuk, yaitu pengelompokan anak asuh sesuai tingkatan pendidikan dengan cara sesama kelas 1 SD disatukan dengan seorang pengasuh , dan pemerataan anak asuh di masing-masing asrama dengan cara masing-masing asrama dihuni oleh beragam tingkat pendidikan anak. Kedua, aktifitas pengasuhan anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Potoan Daya Palengaan Pamekasan meliputi aktifitas kependidikan, terdiri dari pendidikan formal dan pengajian kitab kuning, aktifitas pengembangan bakat dan minat dan pembiasaan atau pembentukan karakter.
Tidak tersedia versi lain