Text
Penerapan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kelas di Sekolah Dasar Negeri Sumedangan II Pademawu Pamekasan
ABSTRAK
Sulistianingsih, 2012. Penerapan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kelas di Sekolah Dasar Negeri Sumedangan II Pademawu Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Drs. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Berbasis Kelas.
Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengukur keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, yang ditandai dengan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada masalah: (1) Bagaimana penerapan evaluasi pembelajaran berbasis kelas di SDN Sumedangan II Pademawu Pamekasan. (2) Bagaimana hambatan-hambatan penerapan evaluasi pembelajaran berbasis kelas di SDN Sumedangan II Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitiannya adalah person (Semua Guru Kelas di SDN Sumedangan II Pademawu Pamekasan sebanyak 6 orang) dan non person (dokumen, fenomena dan fakta yang ditemui di lapangan). Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jawaban bahwa: (1) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis kelas di SDN Sumedangan II dilakukan dilakukan dengan: (a) Berpegang pada prinsip suasana yang bersahabat dan tidak mengancam, semua siswa mempunyai kesempatan dan perlakuan yang sama dalam menerima program pembelajaran sebelumnya dan selama proses PBK. (b) Pendekatan yang digunakan adalah penilaian acuan patokan (criterion-referenced assessment) dan penilaian acuan norma (norm-referenced assessment). (c) Bentuk penilaian yang digunakan adalah penilaian penempatan, penilaian diagnostik, penilaian formatif, dan penilaian sumatif. (d) Alat penilaian yang digunakan adalah kuis, pertanyaan lisan di kelas, ulangan harian, tugas individu, tugas kelompok, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian praktik. (e) Keputusan penilaian disajikan dalam bentuk penilaian dengan angka, penilaian dengan kategori, penilaian dengan uraian, dan penilaian dengan kombinasi. (f) Isi laporan memuat informasi tentang: tingkat pencapaian hasil belajar siswa, tingkat kemampuan yang telah dicapai, juga hasil penilaian yang tepat dan ajeg. (2) Hambatan-hambatan yang sering dihadapi oleh guru dalam menerapkan penilaian berbasis kelas (PBK) adalah: adanya keterbatasan daya tangkap siswa, adanya perbedaan kemampuan intelektual siswa dalam memahami berbagai bentuk evaluasi, keterbatasan guru dalam mengidentifikasi potensi dan kemampuan masing-masing siswa, dan kesulitan guru dalam menerapkan penilaian sesuai kurikulum yang beda.
Tidak tersedia versi lain