Text
Optimalisasi Kinerja Kepala Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, Skripsi, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Kamariyah, 2005 Optimalisasi Kinerja Kepala Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, Skripsi, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Drs. M. Masyhur Abadi, Tahun 2005.
Kata kunci : Optimalisasi Kinerja Kepala Sekolah
Perlu kita ketahi bersama bahwa peran kepala sekolah didalam suatu lembaga pendidikan sangat besar dan signifikan, maju atau tidaknya sebuah sekolah tergantung kepadanya. Oleh karena itu, kepala sekolah selalu di tuntut optimal dalam kerjanya dan bersikap professional, baik sebagai pejabat structural (Manajer) maupun pemimpin pendidikan. Kepala sekolah sebagai pejabat struktual (manajer) bertugas mengelola segala sesuatu yang ada di sekolah tetapi non manusia, yang meliputi sarana dan prasarana, system dan struktur yang ada. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan berkenen dengan orang-orang yan g berada dibawah pengaruhnya, misalnya para guru, staf, sekolah dan siswa.
Ada beberapa permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini. Pertama, biografi Kepala Sekolah MI Al-Amien. Kedua, Tipe kepemimpinan Kepala Sekolah MI Al-Amien. Ketiga, faktor yang mempengaruhi kinerja Kepala Sekolah MI Al-Amien. Keempat, Usaha-usaha Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas MI Al-Amien. Kelima, Keadaan sarana dan prasarana yang mendukung kinerja Kepala Sekolah MI Al-Amien.
Dari permasalahan diatas digunakan pendekatan kualitatif dan ternyata penelitian tersebut diketahui bahwa biografi Kepala Sekolah MI Al-Amien, yang bernama lengkap Ach. Sjadzili A. Md dilahirkan di desa Kaduara Barat Larangan Pamekasan, pada tanggal 6 Desember 1945. beliau mempunyai pengalaman mengajar yang cukup lama sehingga kompetensinya dalam dunia pendidikan tidak di ragukan lagi. Di lingkungan keluarga. Sekolah dan masyarakat beliau dikenal sebagai sosok yang berkepribadian baik. Tiepe kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah adalah tipe kepemimpinan demokratis karena tipe ini dianggapnya yang paling efektif dalam memimpin sekolah ini. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja kepala sekolah adalah faktor kepribadian, ekonomi, sarana dan prasarana, pendidikan dan social. Usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah adalah melengkapi sarana dan prasarana pendidikan, pembenahan kurikulum pendidikan, meningkatkan kualitas dan kuantitas guru, penciptaan iklim dan suasana kompetitif antar sekolah. Keadaan sarana dan prasarana yang mendukung kinerja kepala sekolah ada yang layak dipakai dan ada pula yang tidak layak dipakai.
Dan perlu diperhatikan bagi kepala sekolah agar lebih optimal dalam kinerjanya agar sekolah yang dipimpinnya lebih berkualitas. Dan hendaknya para guru mendukung dan memnbantu segala kebijakan dari kepala sekolah yang berjuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amien.
Tidak tersedia versi lain