Text
Optimalisasi Metode Sosio-drama dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Mata Pelajaran SKI Di SMP Islam Bajur Waru Pamekasan
ABSTRAK
Sitti Farihatut Tholibah, 2012, Optimalisasi Metode Sosio-drama dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Mata Pelajaran SKI Di SMP Islam Bajur Waru Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) pembimbing: Siswanto, M.Pd.I
Kata kunci: Metode Sosio-drama, Daya Ingat.
Setiap guru menginginkan agar peserta didiknya dapat mengerti dan faham bahkan materi pelajaran yang disampaikan dapat melekat di otaknya. Untuk mencapai hal tersebut guru berusaha semaksimal mungkin untuk mencari cara agar semua itu tercapai, salah satu hal yang ditempuh adalah dengan menggunakan metode yang tepat untuk pelajaran yang akan disampaikan kepada murid, guru menggunakan metode sosio-drama dalam pelajaran SKI.
Ada 3 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana pelaksanaan metode sosio-drama pada mata pelajaran SKI di SMP Islam Bajur Waru Pamekasan. Kedua, langkah apa saja yang dilakukan untuk mengoptimalkan metode sosio-drama dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran SKI di SMP Islam Bajur Waru Pamekasan. Ketiga, Apa saja faktor penghambat yang dapat mempengaruhi metode sosio-drama dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran SKI di SMP Islam Bajur Waru Pamekasan.
Adapun yang menjadi lokasi penelitian dalam skripsi ini adalah SMP Islam Bajur Waru Pamekasan dengan pendekatan kualitatif. Dan untuk informasi diperoleh dari kepala sekolah, guru, TU, siswa. Adapun pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi serta analisis yang digunakan berupa analisis diskriptif.
Berdasarkan pada penelitian di lapangan dapat diketahui bahwa optimalisasi metode sosio-drama dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran SKI di SMP Islam Bajur Waru Pamekasan bisa dikatakan berjalan lancar dengan usaha dan upaya yang dilakukan oleh guru serta dukungan dari kepala sekolah, bisa dilihat dari peningkatan nilai rapot dan tanggapan peserta didik ketika merespon pelajaran atau pertanyaan dari guru SKI, juga kepandaian mereka dalam memainkan drama, walaupun tidak sepenuhnya, dan tidak bisa dipungkiri masih banyak kekurangan-kekurangan yang perlu diperbaiki lagi. Oleh karenanya dari observasi yang telah dilakukan dapat dihasilkan beberapa temuan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan metode sosio-drama di SMP Islam sudah berjalan lancar dan cukup baik hal itu dilihat dari meningkatnya nilai rapot pada mata pelajaran SKI dari yang sebelumnya, juga tanggapan peserta didik ketika merespon pelajaran atau pertanyaan dari guru SKI juga kepandaian dan keterampilan peserta didik dalam bermain drama.
2. Adanya beberapa langkah yang dilakukan untuk mengoptimalkan metode sosio-drama, yaitu: latihan satu minggu sekali setelah olahraga, olahraga setiap hari dengan jalan kaki ke sekolah, pembiasaan membaca Al Qur’an sebelum pelajaran dimulai, dukungan dan perhatian yang diberikan oleh kepala sekolah.
3. Adanya faktor penghambat yang mempengaruhi metode sosio-drama dalam meningkatkan daya ingat siswa, yaitu: sifat siswa yang pemalu untuk menjadi aktor dalam drama, keterbatasan komunikasi siswa, keterbatasan media, ruang kelas yang sempit, kesulitan siswa untuk memahami krakter tokoh dalam cerita.
Tidak tersedia versi lain