Text
PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MELALUI PENGAWASAN GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM JARIN KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Yuliati, Rini Awalina. 2012. Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Melalui Pengawasan Guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Drs. H. M. Rasyid Ridha, M.Ag.
Kata kunci: Pembinaan, akhlakul karimah, dan pengawasan
Ada 3 (tiga) fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimanakah akhlakul karimah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, (2) apa sajakah aspek-aspek yang diawasi guru dalam membina akhlakul karimah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, dan (3) bagaimanakah hasil pengawasan guru terhadap akhlakul karimah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) akhlakul karimah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, (2) aspek-aspek yang diawasi guru dalam membina akhlakul karimah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, dan (3) hasil pengawasan guru terhadap akhlakul karimah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah beberapa orang guru dan siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan komponensial. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) akhlakul karimah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan sebelum dilakukan pengawasan oleh guru belum terbina dengan baik sesuai yang diharapkan, yaitu ditunjukkan dengan perilaku atau perbuatan tidak baik anak didik ketika berada di sekolah, seperti bertengkar, saling mengejek, saling bermusuhan dengan sesama teman, sering membuat keonaran, dan sifat toleransi, kerja sama, tolong-menolong, rajin, jujur, dan kebiasaan-kebiasaan baik lainnya, seperti memanggil salam ketika akan masuk dan keluar ruangan, berjabatan tangan dengan sesama teman belum terbina dengan baik pada anak didik, (2) aspek-aspek yang diawasi guru dalam membina akhlakul karimah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan adalah sifat hubungan sosial anak didik yang mencakup sifat tolong-menolong dan toleransi, serta sifat kepribadian anak didik yang mencakup kejujuran dan kerajinan, dan (3) hasil pengawasan guru terhadap akhlakul karimah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan memberikan hasil positif. Hasil pengawasan terhadap akhlakul karimah, yang mencakup tolong-menolong, toleransi, jujur, dan rajin dapat terbina dengan baik pada siswa.
KATA PENGAN
Tidak tersedia versi lain