Text
Usaha Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Madukawan, Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan” Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Slamet Hariyadi, 2007, “Usaha Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Madukawan, Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan” Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Drs.H. Saiful Arif, M.Pd.
Kta Kunci: Usaha Peningkatan Profesionalitas Guru
Penelitian ini difokuskan pada (1) Bagaimana Usaha Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. (2) Kendala apa saja yang di alami Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. (3) apa saja faktor pendukung usaha Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Madukawan, Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasikan secara empiric beberapa hal sebagai berikut : (1) Usaha Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. (2) kendala yang di alami Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. (3) faktor pendukung usaha Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Madukawan, Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif, data yang diperoleh dengna cara obsevasi,wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut di analiis dengna analisis tema dan analisis realitatif deskriptif. Kemudian seluruh data yang didapat dicetak keabsahannya, dengna cara ketekunan pengamatan,perpanjangan keikutsertaan, analisis negative.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) usaha yang di lakukan kepala sekolah sebagai supervisor di MA Miftahul Ulum Madukawan Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru diantaranya, mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan, seperti penataran,memberikan motivasi atau dorongan kepada guru untuk meningkatkan profesinya, serata mengadakan pertemuan musyawarah guru mata pelajaran yang sejenis dan dalam hal ini kepala sekolah memberikan bimbingna yang terbaik kepada guru. (2) kendala kepala sekolah sebagai supervisor untuk meningkatkan profesionalitas guru antara lain; sarana kurang memadai,fasilitas kebutuhan guru kurang lengkap, kurangnya waktu pembelajaran, permasalahan kurikulum. (3) faktor pendukung kepala sekolah sebagai supervisor untuk meningkatkan profesionalitas guru antara lain guru 75% sudah berkelayakan,disiplin dan dedikasi guru sangat tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas perlu adanya evaluasi dan pembenahan dari usaha kepala sekolah sebagai supervisor untuk meningkatkan profesionalitas guru dengna cara mensosialisasikan adanya kurikulum secara menyeluruh serta kepala sekolah harus bisa mengubah pola piker guru untuk meningkatkan profesionalitasnya sesuai dengan profesi yang iya bina, karena interaksi yang dinamis antara kepala sekolah dengan guru memainkan peranan yang sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan,serta tuntutan situasi dan kondisi
Tidak tersedia versi lain