Text
Pengembangan Pembelajaran Afektif pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Torjun Sampang
ABSTRAK
R. Tri Ariyandi Widjaja 2012, Pengembangan Pembelajaran Afektif pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Torjun Sampang, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan. Pembimbing Buna’i, S. Ag, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan Pembelajaran Afektif.
Pada pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Torjun Sampang, pembelajaran afektif tidak hanya dilakukan dengan cara memberi secara langsung nilai-nilai afektif mana yang baik dan mana yang benar kepada peserta didik, tetapi juga dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran afektif.
Ada empat permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam fokus penelitian ini. Pertama, pelaksanaan kegiatan pembelajaran afektif pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Torjun Sampang. Kedua, aktifitas siswa ketika mengikuti pembelajaran afektif pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Torjun Sampang. Ketiga, keunggulan/kelebihan pembelajaran afektif pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Torjun Sampang. Keempat, hasil belajar siswa yang dicapai dari pembelajaran afektif pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Torjun Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian analisis deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dengan langkah-langkah pengecekan dan pengelompokan. Teknik pengecekan keabsahan temuan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran afektif di SMP Negeri 1 Torjun Sampang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran afektif, yaitu model pembelajaran konsiderasi dan klarifikasi nilai. Sebelum pembelajaran dilakukan terlebih dahulu guru membuat RPP yang gunanya untuk mengarahkan pembelajaran sesuai dengan yang ingin disampaikan. Sedangkan penilaiannya dilakukan dengan mengunakan sekala sikap . 2) Aktifitas siswa ketika mengikuti pembelajaran afektif pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Torjun Sampang, siswa belajar dengan aktif tidak pasif. Hal ini dikarenakan belajar afektif dengan metode pembelajaran afektif merangsang siswa untuk mencari jawaban permasalahan tentang sikap/afektif dengan cara berdiskusi antar teman kelompok dan tanya jawab secara dialog oleh guru dengan siswa. 3) keunggulan/kelebihan pembelajaran afektif pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Torjun Sampang yaitu, siswa tidak pasif hanya mendengarkan penjelasan dari guru ketika belajar mengenai afektif, tetapi dengan diterapkannya metode pembelajaran afektif, melatih siswa untuk dapat menilai suatu sikap dengan memperhatikan sebab-akibatnya, belajar berdiskusi, berani berkata jujur, dan dapat bersosialisasi antar sesama. 4) Hasil belajar siswa yang dicapai dari pembelajaran afektif pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Torjun Sampang, bisa dibilang memuaskan. Siswa lebih memahami tentang nilai yang diberi melalui metode konsiderasi dan klarifikasi nilai, karena metode itu membuat siswa ikut memikirkan dan merasakan mengenai masalah yang diberikan.
Tidak tersedia versi lain