Text
KerjaSama Antara Orang Tua Dengan Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTS. An-Nur Gladak Anyar Pamekasan Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Progran Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
Ali Umar, 2005, Keja Sama Antara Orang Tua Dengan Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTS. An-Nur Gladak Anyar Pamekasan Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Progran Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan Pembimbing Drs. Masyhur Abadi
Kata Kunci: Kerja Sama Orang Tua Guru, Minat Belajar Siswa
Terdapat tiga fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini. Pertama, bagaimana kerjasama antara orang tua dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTS. An-Nur Gladak Anyar, Pamekasan. Kedua, apa saja bentuk-bentuk kerjasama antara orang tua dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTS. An-Nur Gladak Anyar, Pamekasan dan ketiga, sejauh mana pengaruh bentuk kerjasama antara orang tua dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTS. An-Nur Gladak Anyar, Pamekasan.
Informan atau subjek penelitian ini adalah Kepala MTS. An-Nur, Gladak Anyar Pamekasan,para dewan guru, pengurus BP3 di MTS. An-Nur Gladak Anyar Pamekasan, dan orang tua siswa yang ditentukan melalui Purposive Sampling. Instrument Penelitian menggunakan wawancara dan observasi lapangan. Sedangkan prosedur pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data ini berlangsung selam 3 bulan (Mei-Juni 2005). Teknik analisis datanya menggunakan cara induktif-interpretasi-konseptualisasi terdapat data yang diproses melalui teknik cheking, organizing dan codding.
Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa ada upaya kerjasama antara guru dan orang tua siswa di MTS. An-Nur Gladak Anyar Pamekasan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya suatu komitmen bersama antara pihak guru di madrasah pada satu sisi dan pihak orang tua dalam wadah BP3 (Badan Pembantu Penyelenggaraan Pendidikan) pada sisi yang lain. Komitmen tersebut lahir dalam upaya yang menyatukan pemikiran, sikap dan tindakan sehubungan dengan kelangsungan penyelenggaraan pendidikan di Madrasah dan secara khusus sebagai upaya untuk meningkatkan sinergi antara guru dan orang tua dalam memecu tingkat kemajuan perkembangan belajar anak, mengatasi persoalan/kesulitan belajar anak secara tepat serta mengarahkan pengembangan kemampuan minat dan bakat anak sebagaimana yang di inginkan. Bentuk-bentuk kerjasama antara orang tua dan guru di MTS. An-Nur Gladak Anyar Pamekasan adalah kegiatan yang bersifat rutin berupa; Pertemuan antara guru dan orang tua siswa pada saat penerimaan siswa baru, Pertemuan antara guru dan orang tua siswa pada saat kenaikan kelas (penerimaan raprot) dan tamat belajar siswa, Pertemuan antara guru dan orang tua siswa dalam rangka haflatul imtihan dan Pertemuan antara guru dan orang tua siswa dalam pertemuan BP3 tiap tiga bulan sekali. Disamping hal tersebut ada juga kegiatan yang bersifat insidentil berdasarkan kebutuhan, yang secara umum berkisar pada persoalan-persoalan menyangkut kesulitan belajar siswa dan moral siswa, penentuan kelanjutan pendidikan anak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi setelah tamat belajar, pengembangan bakat dan minat anak. Kesemuanya itu dalam bentuk kegiatan yang di lakukan oleh guru atau orang tua siswa adalah berupa; Kunjungan silaturrahmi guru kerumah orang tua siswa atau sebaliknya, surat-menyurat dalam hal ini berupa panggilan dinas dari pihak madrasah kepada orang tua siswa. Hal ini berkaitan dengan persoalan moral anak serta pembagian raport atau daftar nilai yang di berikan secara langsung kesekolah. Kemudian pengaruh kerjasama antara guru dan orang tua siswa terhadap minat belajar siswa di MTS. An-Nur Gladak Anyar Pamekasan adalah membantu siswa unttuk menemukan jalan keluar yang tepat terhadap persoalan pembelajaran anak di madrasah berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang di berikan oleh guru di madrasah, mendorong keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran di dalam kelas serta menumbuhkan ketertarikan siswa pada aktivitas proses belajar mengajar di dalam kelas.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk Kepala MTS. An-Nur, Gladak Anyar Pamekasan agar meningkatkan intensitas jalinan kejasama antara pihak madrasah antar arang tua siswa melalui kegiatan-kegiatan yang terprogram secara terbuka dan sistematis serata mengikat seluruh pihak-pihak yang terkait. Kemudian tak kalah pentingnya adalah mendorong para guru di madrasah untuk meningkatkan partisipasi secara sktif secara dalam upaya mengembangkan kerjasama dengan orang tua secara edukatif menyangkut kepentingann terhadap kemajuan pendidikan dan pembelajaran siswa.
Tidak tersedia versi lain