Pemahaman guru terhadaprencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) Di MTs DarulMunbtadiilTampojungTenggahWaruPamekasan
ABSTRAK
Kurnaini.2012. Pemahaman guru terhadaprencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) Di MTs DarulMunbtadiilTampojungTenggahWaruPamekasan, Skripsi, JurusanTarbiyah ,ProgramStudiPendidikan Agama Islam NegeriPamekasan, Pembimbing. Dra.Hj.WaqiatulMasrurohM.Si.
Kata Kunci : PemahamanGuru TerhadapRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP).
Permasalahanpokok yang dikajipadapenelitianiniadalahminimnyapemahaman guru ataspentingnyaRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) Di MTs DarulMubtadiinTampojungTenggahWaruPamekasan.Khususnyapadaaspekpenerapan RPP dalamkegiatanbelajarmengajar, faktor-faktor yang mempengaruhipemahaman guru terhadaprencanapelaksanaanpembelajaran (RPP)ialahkurangnyapelatihandankesadaran guru akanpentingnyarencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) terhadapkeberhasilankegiatanbelajarmengajar di MTs DarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasan.
Penelitianinidilakukan di MTs DarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasandanmetode yang dipakaidalampenelitianiniadalahmetodekualitatifdengan lama penelitianinikuranglebihselamatigabulanterhitungmulaidariMaret-Mei 2012.Penelitianmelakukanpengumpulan data denganmenggunakan interview/wawancara, observasi, dandokumentasi.Sedangkananalisis yang digunakanadalahanalisisdeskriftifkualitatif.Informasipenelitianiniadalah guru-guru dankepalasekolah MTs DarulMubtadiinTampojungTenggahWarupamekasan.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwatingkatpemahaman guru terhadaprencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) Di MTsDarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasandapatdijelaskansebagaiberikut:
Sebagian guru Di MTsDarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasandalam proses belajarmengajarsebagian gurutidakberpedomanpada RPP sehinggaaktifitaskegiatanbelajarmengajartidakbegituefektifdanefisien, sebagianmetode yang seringdipakaioleh guru dalamkegiatanbelajarmengajaradalahmetodeceramahsehinggakegiatanbelajarmengajartidakbervareasisekali,akantetapipara gurumenyuruhsiswanyauntuktetapbelajartidakharusdidalamkelassaja.
Upaya-upaya yang dilakukan guru MTs DarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasanuntukmeningkatkanpemahamanterhadap RPP, guru-guru disanaselalumengikutipelatihan, seminar, kajian-kajiantentang proses belajarmengajar yang sudah di sediakanolehkepalasekolahdan guru-guru di MTs DarulMubtadiinbanyakberdiskusidengansesamanya, sehinggadenganupaya-upayatersebut guru-guru bisalebihmemahamitentangrencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) sesuaidengan yang di harapkan.
Adapunfaktor-faktor yang mempengaruhiterhadappeningkatanpemahaman guru terhadaprencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) di MTs DarulMubtadiinTampojung Tengah WaruPamekasan, yaitu guru beranggapanbahwapembuatanRPPtidakbegitupentingkarena di sekolahsudah di sediakandanjugadarilatarbelakangpendidikan guru yang kurangsesuaidenganmatapelajarannya, jugakurangnyaminat guru untukmengikutipelatihansepertikerjakelompok madrasah (KKM).
Tidak tersedia versi lain