Text
Kompetensi Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan
ABSTRAK
Hermanto, 2012. “ Kompetensi Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing Dr. Atiqullah M.Pd.
Kata kunci: Kompetensi, Guru Tahfidz Al-Qur’an
Kompetensi yang harus dimiliki oleh guru Guru tahfidz Al-Qur’an (GTA) baik kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, itu lebih berat dibandingkan dengan Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI), Terbukti di pondok pesantren Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan, GTA di sana debedakan dengan guru yang non GTA, hal ini di sebabkan guru GTA harus guru yang benar-banar berkompeten dalam pendidikan menghafal Al- Qur’an.
Dari konteks di atas penelitian yang berjudul “Kompetensi Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan” ini difokuskan pada: (1) Bagaimana Kompetensi Pedagogik dan profesional Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan?. (2) Apa saja faktor-faktor yang mendukung terhadap Kompetensi Pedagogik dan profesional Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik dan profesional Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan.(2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung terhadap Kompetensi Pedagogik dan profesional Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis yang analisis datanya bersifat diskriptif. Metode yang dipakai untuk memperoleh data yang diperlukan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut di olah dan dianalisis secara diskriptif, kemudian dicek keabsahannya dengan ketekunan pengamatan,perpanjangan keikut sertaan, dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan adalah guru mampu membimbig para santri yang menghafal dengan baik, mampu menerapkan beberapa metode menghafal dengan baik, selalu memberi motivasi kepada para santri agar tetap semangat dalam menghafal, selalu berdoa untuk mereka yang menghafal, dan yang terahir adalah mampu mengetahui daya ingat masing-masing santri yang menghafal. Sedangkan kompetensi profesional guru tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan adalah hafal Al-Qur’an dan mampu membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan tajwid dan makhrojnya. (2) faktor-faktor yang mendukung terhadap Kompetensi Pedagogik dan profesional Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Barurambat Timur Pademawu Pamekasan ialah niat ikhlas guru dalam mengajar, kesemangtan santri dalam menghafal, dan sarana yang memadai seperti tempat menghafal yang sunyi dan tertutup.
Tidak tersedia versi lain