Text
Tipologi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di SD Plus Nurul Jadid Panglegur Tlanakan Pamekasan
ABSTRAK
Hermanto 2012, Tipologi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di SD Plus Nurul Jadid Panglegur Tlanakan Pamekasan, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI, STAIN Pamekasan di Pamekasan, Pembimbing: Fatekhul Mujib, S.Ag., M.Si
Kata Kunci : Tipologi, Kepemimpinan, Kepala sekolah, Pendidikan Agama Islam
Pemimpin memiliki peran yang sangat penting dalam suatu lembaga pendidikan, sehingga seorang pemimpin atau kepala sekolah harus mampu membimbing, mempengaruhi dan mengarahkan bawahan guna mencapai tujuan. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Tipologi Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Plus Nurul Jadid. Kedua, Upaya kepala sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di SD Plus Nurul Jadid Panglegur Tlanakan Pamekasan. Lokasi penelitian diambil di SD Plus Nurul Jadid Panglegur Tlanakan Pamekasan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang berbentuk deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan atau subjek adalah Kepala Sekolah, Guru, Murid SD Plus Nurul Jadid Panglegur Tlanakan Pamekasan . Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dimana untuk mendukung dan memperkuat hasil temuan yang dilakukan cek keabsahan data melalui keikutsertaan (berbaur dengan siswa), ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian secara terperinci.
Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa tipologi Kepemimpinan Kepala Sekolah SD Plus Nurul Jadid Panglegur Tlanakan Pamekasan adalah tipologi demokratis karena setiap menyelesaikan persoalan selalu bermusyawarah dengan para guru. Hubungan kepala seolah dengan para guru cukup baik, terbuka menerima kritik dan saran serta bekerja sama dengan staf dalam pengelolaan lembaga pendidikan..
Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan agama islam sudah cukup baik. Kepala sekolah selalu memberikan bimbingan dan pengarahan pada guru agar semakin giat dan disiplin dalam menjalankan tugasnya.berusaha memperbaiki sarana dan prasarana. Begitu juga dengan rekrutmen kesiswaaan cukup bagus karena untuk anak SD kebanyakan dari TK nurul jadid artinya inputnya, proses pembelajaran dan outputnya memang benar-benar di perhatikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah memberikan suri tauladan yang baik kepada guru dan murid dan memberikan bimbingan untuk meningkatkan Pendidikan Agama Islam. Kepada guru harus kerja sama dalam menjaga stabilitas sekolah. Kepada murid harus mendukung program sekolah demi meningkatkan Pendidikan Agama Islam di SD Plus Nurul Jadid Panglegur Tlanakan Pamekasan dalam setiap waktunya yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.
Tidak tersedia versi lain