Text
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al-Muniri Desa Tentenan Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Hasim, 2012: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al-Muniri Desa Tentenan Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dra. Hj. Waqiatul Masrurah, M.Si.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Keaktifan belajar siswa.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, tentang ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Al-Muniri Desa Tentenan Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, kedua, seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Al-Muniri Desa Tentenan Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis korelasional dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan teknik product moment. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa di SMP Al-Muniri Desa Tentenan Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan sebanyak 73 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, interview, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung sekitar 3 bulan terhitung mulai dari tanggal 02 Maret 2012 sampai pada tanggal 02 Juni 2012.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Al-Muniri Desa Tentenan Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Hal ini terbukti dari hasil analisa data Sebelumnya mencari “r” setelah itu mencari derajat bebasnya (db/df) yaitu dengan rumus db/df= N-Nr. Di mana N adalah jumlah responden. Sebanyak 73 siswa dan Nr adalah banyaknya variabel yang berjumlah 2. Sehingga diperoleh N-Nr= 73-2=71, setelah diketahui derajat bebasnya selanjutnya melihat pada tabel “r” product moment tidak diperoleh df sebesar 71. Dalam tabel nilai “r” product moment tidak diperoleh df sebesar 71, karena itu digunakan df sebesar 70. Dengan db/df sebesar 70, diperoleh harga rtabel pada taraf signifikansi 5% = 0.232, sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh harga rtabel = 0,302. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Al-Muniri Desa Tentenan Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan mempunyai korelasi. Hal ini terbukti bahwa "r" kerja sebesar 0,83 berada pada rentangan angka antara 0,232 sampai dengan 0,302 dengan interpretasi tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam untuk memberikan motivasi, bimbingan secara kontinyu dalam belajar terhadap siswa-siswa yang kurang berani mengutarakan pendapat atau bertanya kepada guru atau teman-temannya, serta memberikan tugas-tugas dan lain-lain.
Tidak tersedia versi lain