Text
Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Desa Palasa Kecamatan Talango
ABSTRAK
Hairil Anam, 2012, ”Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Desa Palasa Kecamatan Talango”, Skripsi, Program studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Drs. H. Moh. Zaini, MM.
Kata kunci : strategi, pemasaran jasa, pendidikan
Seiring dengan kemajuan zaman yang ditandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan tegnologi diperlukan adanya wahana peningkatan sumber daya manusia yang memadai, sehingga dibutuhkan lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki mutu dan bekerja sama dengan masyarakat. Dari itulah muncullah lembaga-lembaga pendidikan swasta yang tumbuh subur bagai jamur dimusim hujan, untuk mempermudah masyarakat dalam menjangkau pendidikan. Hal tersebeut menimbulkan masalah baru yaitu adanya persaingan antar lembaga pendidikan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, strategi apa saja yang digunakan MI Al-Hikmah dalam menarik perhatian masyarakat; kedua, faktor apa saja yang mendukung ataupun menghambat pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan di MI Al-Hikmah; ketiga, Bagaimanakah hubungan sekolah (Madrasah) dengan masyarakat sekitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Ketua Yayasan, Kepala Sekolah (Madrasah), Wakil Kepala Sekolah (Madrasah), guru, Komite, humasy dan wali murid. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran yang dilakukan MI Al-Hikmah meliputi mempersiapkan pendidikan yang bermutu, sarana yang cukup, melalui organisasi masyarakat, bakti sosial, dan pelayanan yang berkesan; kedua, faktor yang mendukung terhadap pemasaran jasa pendidikan di MI Al-Hikmah yaitu tipe kepemimpinan yang baik dari Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah, tipe organisasi yang berbasis masyrakat, Yayasan lain yaitu YDSF Surabaya dan masyarakat termasuk donatur dari masyarakat, sedangkan faktor penghambat meliputi lembaga pendidikan pesaing, kurangnya dana serta status sekolah (Madrasah) yang masih swasta; ketiga, hubungan MI Al-Hikmah dengan masyarakat sekitar sangat erat dan terjalin dengan baik, keduanya saling mempengaruhi dan bekerja sama.
Dengan demikian pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan di MI Al-Hikmah secara garis besar menggunakan tiga model strategi dan berjalan dengan baik walau ada hambatan. Hubungan dengan masyarakatpun terjalin dengan baik karena ada kerjasama yang baik pula.
Tidak tersedia versi lain