Text
Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Duko Timur I Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Isalam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Husnul Khotimah. 2006. Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Isalam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Drs. Abbd. Mukhid, M. Pd.
Kata kunci: guru dan pretasi belajar
Guru adalah pelaksana pendidikan di lapangan yang berfungsi sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing. Ketiga fungsi guru tersebut telah dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Hal itu di maksudkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor,yang selama ini tingkat pencapainnya masih rendah.
Berangkat dari realitas di atas, maka ada tiga fokusyang di ajukan untuk di kaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana prestasi belajarsiswa, (2) apa saja upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan (3) apa saja faktor penunjang dan penghambat prestasi belajar siswa di SD Negeri Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui prestasi belajar siswa, (2) untuk mengetahui upaya yang di lakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui faktor-faktor penunjang dan penghambat prestasi belajar siswa di SD Negeri Duko Timur Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis yang di gunakan adalah deskriptif dan komponensial. Teknik pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 25 April 2006 swampai dengan tanggal 22 Mei 2006.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru-guru di SD Negeri Duko Timur Larangan Pamekasan telah memfungsikan kedudukannya secara optimal, baik sebagai pengajar, pendidik, maupun pembimbing. Sebagai mengajar, guru melakukan penyusunan rencana pembelajaran, penguasa materi pelajaran, pemilihan metode mengajar, pemanfaatan media dan sumber belajar, pelaksaan evaluasi, memberi-kan tugas-tugas pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, dan mengdakan bim-bingan belajar yan g dikaksanakan 2 kali dalam seminggu. Sebagai pendidik, guru mengadakan pengarahan-pengarahan terhadap perilaku siswa agar siswa dapat belajar secara baik dan memperoleh hasil belajar yang optimal. Sebagai pembimbing, guru membantu memecahkan masalah-masalah yang di hadapi siswa dalam belajar. (2) Prestasi belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Matematikia 75 sampai dengan 85,sedangkan pada keadaan sebelumnya nilai rata-rata yang di capai siswa anyara 45 sampai dengan 65 pada keempat mata pelajaran tersebut. (3) faktor penunjang prestasi belajar siswa adalah adanya kemauan kuat dari siswa untuk belajar. Sementara faktor penghambat prestasi belajar siswa adalah terbatasnya sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan belajar siswa, seperti buku-buku penunjang yang ada di perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa, terbatasnya media belajar siswa,seperti buku-buku penunjang yang ada di perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa, terbatasnya media pembelajaran, dan rendahnya pengawasan orang tua terhadap kegiatan belajar siswa di rumah. Terhadap kondisi ini kepala sekolah telah melakukan upaya-upaya kea rah yang lebih baik, seperti mengupayakan pengadaan koleksi buku-buku penunjang sebagai sumber belajar bagi siswa, mengupayakan pengadaan media pelajaran, dan membina hubungan dan kerja sama yang baik dengna para orang tua siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, hendaknya (1) kepala SD Negeri Duko Timur Larangan Pamekasan sarana dan prasarana pembelajaran segera di tanggulangi,sehingga memungkinkan kegietan pembelajaran yang di laksanakan guru berjalan secara efektif dan begitu juga prestasi belajar dapat tercapai secara optimal, (2) hendaknya guru dapat memfungsiksn kedudukan sebagai pengajar, pendidik, dan pendidik secara integral, sehingga upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dapat tercapai secara opyimal, dan (3) hendaknya siswa belajar secara giat dan disiplin, baik di sekolah maupun di rumah, sehingga bias mencapai prestasi belajar yang optimal.
Tidak tersedia versi lain