Text
Bimbingan Guru Guidance and counseling dalam Penelitian Jurusan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jungcancang Pamekasan 1, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negerei Pamekasan
ABSTRAK
Filda Oktalia 2006. Bimbingan Guru Guidance and counseling dalam Penelitian Jurusan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jungcancang Pamekasan 1, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negerei Pamekasan, Pembimbing:Drs. H. saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan,guru Guidance and Counseling, dan penentuan jurusan
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) program layanan bimbingan guru Guindance and Cuinseling dalam penentuan jurusan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jungcangcang Pamekasan 1, (1) respon siswa terhadap guru Guindance and Counseling dalam penentuan jurusan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jungcangcang Pamekasan 1.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan program layanan bimbingan guru Guindanse and Counseling dalam penentuan jurusan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jungcangcang Pamekasan 1, (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan respon siswa terhadap guru Guindanse and Counseling di Madrasah Aliyah Negeri Jungcangcang Pamekasan 1, (3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat penghambat program layanan bimbingan guru Guindanse and Counseling dalam penentuan jurusan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jungcangcang Pamekasan 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Guindanse and Counseling, dan beberapa orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan adalah kunatitatif dan komponensial. Teknik pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program layanan bimbingan guru Guindanse and Counseling dalam penentuan jurusan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jungcangcang Pamekasan 1 telah dilaksanakan dengan treprogram,baik menyangkut jam kerja maupun pelaksanaan bimbingan kepada siswa,khususnya bagi siswa kelas 1 yang akan memasuki kelas II. Respon siswa terhadap guru Guindanse and Counseling baik, seperti membina hubungan baik,mengadakan konsultasi setiap masalah yang di hadapi,dan mengikuti bimbingan yang di lakukan guru Guindanse and Counseling dengan baik. Faktor-faktor pendukung program layanan bimbingan guru Guindanse and Counseling dalam penentuan jurusan bagi siswa adalah adanya kekompakan dan kerja sama yang baik di antara sesama guru Guindanse and Counseling, guru Guindanse and Counseling dengan guru-guru dan para wali kelas. Demikian juga adanya kemauan kuat dari siswa terhadap program layanan bimbingan guru dalam penentuan jurusan. Sementara faktor-faktor penghambat program layanan bimbingan guru Guindanse and Counseling dalam penentuan jurusan bagi siswa adalah terbatasnya sarana dan prasarana yang ada, seperti kantor BP yang kurang memadai, tidak adanya buku panduan yang berisi penjelasan tentang penjurusan yangakan di pilih siswa, terbatasnya dana dalam pengadaan lembaran angket yang akan disebar kepada siswa sehubungan dengan penentuan jurusan yang akan dipilih,dan tidak ada jam tatap muka pelaksanaan bimbingan di kelas,karena selama ini masih dilaksanakan dikantor Guindanse and Counseling.
Tidak tersedia versi lain