Text
Studi Keaktifan Belajar Siswa Di Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri Parteker Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Abdul Majid,, 2006, Studi Keaktifan Belajar Siswa Di Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri Parteker Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing:Drs. H. muntaha Umar,M. Ag.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar dan Perpustakaan Sekolah
Terdapat empat focus yang menjadi kajian utama penelitian,yaitu: (1) keaktifan belajar/membaca siswa (giat atau tidaknya belajar/membaca siswa) di perpustakaan M.Ts.N Parteker Pamekasan, (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat keaktifan belajar/membaca siswa di perpustakaan M.Ts.N Parteker Pamekasan, (3) upaya sekolah dalam meningkatkan keaktifan belajar membaca siswa di perpustakaan M.Ts.N Parteker Pamekasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui semua yang menjadi fokus dalam penelitian tersebut.
Informan adalah siswa, petugas perpustakaan,dan kepala sekolah di M.Ts.N Parteker Pamekasan, yang ditentukan melalui purposive Sampling. Instrument penelitian didasarkan pada karakteristik penelitian kualitatif, yakni “manusia” . sedangkan prosedur pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data ini berlangsung selama 2 bulan (01 April- 31 Mei 2006). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknis analisis datanya dengna cara induktif-interpretasi-konseptulisasi terhadap data yang dip roses melalui teknik cheching,organizing dan codding.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa diperpustakaan M.Ts.N Parteker Pamekasan belum sepenuhnya sebagai siswa yang aktif belajar/membaca di perpustakaan sekolah. Pelayanan yang baik sebagai salah satu faktor pendukung keaktifan belajar siswa di perpustakaan M.Ts.N Parteker Pamekasan,dan adapun kurangnya koleksi pustaka sebagai salah sattu faktor penghambatnya. Upaya sekolah dalam meningkatkan belajar/membaca siswa di perpustakaan M.Ts.N Parteker Pamekasan antara lain adalah dengan mengenalkan koleksi-koleksi pustaka dan memberikan anjuran agar siswa membiasakan diri untuk berpartisipasi aktif belajar/membaca di perpustakaan sekolah di saat jam istirahat sekolah berlangsung.
Berdasarkan hasil penelitian,disarankan kepada siswa M.Ts.N Parteker Pamekasan agar lebih meningkatkan keaktifan belajar/membacanya di perpustakaan sekolah karena perpustakaan sekolah merupakan bagian dari tempet untuk mengembangkan potensi yang di miliki siswa, yang di dalamnya terdapat segudang ilmu pengetahuan, sehingga tercapai pada perubahan tingkah laku/prestasi yang lebih baik dari pada sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain