Text
Kreativitas Guru Dalam MeningkatkanPres tasiBelajar Siswa Di MTs Sabilil Muttaqin Panaguan Larangan Pamekasan,Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Zaiful Hoiri, 2006, Kreativitas Guru Dalam MeningkatkanPres tasiBelajar Siswa Di MTs Sabilil Muttaqin Panaguan Larangan Pamekasan,Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pendidikan:H.Mohammad Hasan,M.Ag.
Kata Kunci:Kreativitas Guru dan Presentasi Belajar
Terdapat dua focus yang menjadi kajian utama penelitian ini. Pertama, bagaimana kreativitas guru dalam interaksi belajar mengajar di MTs Sabilil MuttaqinPanaguan Larangan Pamekasan. Kedua, bagaimana pengaruh kreativitsa guru terhadap peninhkatan prestasi belajar siswa di MTs Sabilil Muttaqin Panaguan Larangan Pamekasan.
Informasi atau subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sabilil Muttaqin Panaguan,dan para guru MTs Sabilil Muttaqin yang ditemukan melalui Porpusive Sampling. Instrument penelitian menggunakan wawancara dan observasi lapangan. Sedangkan prosedur pengumpulan datanya menggunakan tekhnik observasi, wawncara dan dokumentasi. Pengumpulan data ini berlangsung selama 3 bulan (pebruari – April 2006). Tekhnik analisis datanya menggunakan cara induktif-interprestasi-konseptualisasi terhadap data yang diproses melalui tekhnik checking-organizing dan codding.
Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa para guru di MTs Sabilil Muttaqin Panaguan Larangna telah berupaya dalam menggerakkan seluruh potensi kreativitasnya dalam proses pembelajaran siswa mulai dari tahap perencanaan pembelajaran (pre-active), pembelajaran berlangsung (inter –active) sampai tahap akhir pembelajaran (post-active). Hal tersebut disebabkan Karena sebagai besar tenaga pengajarnya ditinjau dari latar belakang pendidikannya adalah pendidikan keguruan,dan juga sebagian telah ditempa dengnan pengalaman mengajar yang telah cukup lama. Beberapa indikasi kreativitas guru di MTs Sabilil Muttaqin Panaguan Tersebut adalah adanya upaya yang signifikan dalam interaksi belajar mengajar dalam kelas guna melancarkan pencapaian tujuan pengajaran. Menggunakan metode yang variatif, tekhnik membimbim dan memecahkan persoalan kesulitan belajar siswa,tidak menggunakan komunikasi yang monoton selalu satu arah, peka menyikapi perbedaan individual siswa dengan memberikan perlakuan yang sesuai dengan kodrat dan kepribsdiannya serta menciptakan adanya kegairahan anak untuk terlibat secara aktif dalam kegiatn pembelajaran. Selanjutnya, adanya pengaruh kreativitas guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di MTs Sabilil Muttaqin Panaguan Larangan Pamekasan antara lain adalah; menumbuhkan kegairahan dan kesenangan belajar siswa,meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap pelajaran dan memudahkan siswa dalam mencapai keberhasilan belajarnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada para pengelola pendidikan (Pihak Yayasan dan Madrasah) agar meningkatkan pemberdayaan terhadap kemampuan professional dan kompetensional guru termasuk didilamnya kemampuan daya kreativitas para guru di MTs Sabilil Muttaqin secara terencana dan berkelanjutan serat melibatkan pihak yang kompeten secara koordinatif untuk terus mengupayakan pola dan kebijakan yang tepat bagi pertumbuhan dan pengembangan profesionalitas guru,serta di dukung dengan penyediaan sarana dan fasilitas belajar yang kondusif sehingga mutu pembelajaran dapat tepat ditingkatkan.
Tidak tersedia versi lain